Dark/Light Mode

Jelang Akhir Pemerintahan

Kementerian Kudu Gercep Realisasikan Anggarannya

Senin, 11 Desember 2023 07:30 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Antara)
Presiden Jokowi. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memastikan anggaran sejumlah Kementerian pada tahun 2024 dinaikkan. Namun, Kepala Negara meminta para menterinya disiplin merealisasikan anggaran yang sudah dibuat.

Anggaran harus diman­faatkan sebaik-baiknya, agar berbagai program bisa selesai dan dampaknya bisa dirasakan masyarakat.

“Tahun depan adalah tahun terakhir dari pemerintahan periode ini. Saya pesan agar realisasi anggaran dioptimalkan. Langsung jalankan agenda pembangunan yang belum dijalankan,” ujar Jokowi dikutip dari tayangan virtual, Minggu (10/12/2023).

Baca juga : Jelang Akhir Pekan, Rupiah Menguat Ke Level Rp 15.497

Jokowi mengingatkan, pro­gram yang sudah ditargetkan rampung atau dijadwalkan harus berjalan dalam waktu dekat, maka sudah semestinya berjalan sesuai rencana.

“Yang sudah direncanakan tapi belum selesai, tuntaskan. Ini demi menguatkan fondasi bagi Pemerintah di masa yang akan datang,” tegas Jokowi.

Eks Wali Kota Solo itu mengungkapkan, sejumlah Kemen­terian/Lembaga (K/L) pada tahun depan anggarannya telah dinaikkan. Setidaknya ada tujuh K/L yang mendapat dana besar tahun depan.

Baca juga : Jokowi Baru Teken Keppres Pemberhentian Eddy Hiariej, Ini Alasannya

Pertama, Kementerian Pe­kerjaan Umum dan Peruma­han Rakyat (PUPR) sebesar Rp 147,37 triliun. Kedua, Kemen­terian Pertahanan sebesar Rp 139,27 triliun. Ketiga, Polri se­nilai Rp 117,41 triliun. Keempat, Kemendikbudristek sebesar Rp 98,99 triliun.

Kelima, Kemenkes Rp 90,48 triliun. Keenam, Kementerian Sosial Rp 79,21 triliun. Ketujuh, Kementerian Agama sebesar Rp 74,07 triliun.

Kementerian PUPR mendapat anggaran terbesar, karena Jokowi ingin menuntaskan se­luruh infrastruktur prioritasnya sebelum masa pemerintahannya habis pada 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.