Dark/Light Mode

Sestama BNPT: PMI Adalah Duta Bangsa, Jangan Terpengaruh Ideologi Transnasional

Selasa, 21 November 2023 21:49 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Bangbang Surono berpesan kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) selaku Duta Bangsa di negara tetangga, agar lebih kritis dalam menerima informasi dan melakukan klarifikasi terhadap informasi.

Sehingga, tidak mudah terpengaruh ideologi transnasional.

“PMI adalah Duta Bangsa, maka tunjukkan bangsa Indonesia adalah bangsa beradab, pekerja keras, tidak mudah dipengaruhi ideologi transnasional,” kata Bangbang, saat memberikan pembekalan kepada 481 PMI Penempatan G to G Korea Selatan serta calon PMI, Selasa (21/11/2023).

Baca juga : Serangan Israel Ke RS Indonesia Tak Langgar Hukum Internasional

Pesan yang disampaikan Bangbang, merupakan upaya untuk membangun imunitas PMI agar tidak mudah terhasut propaganda radikal terorisme.

Data menyebut, hingga tahun 2023, sebanyak 94 orang PMI telah dideportasi akibat terlibat aktivitas terorisme.

Seperti pendanaan, mendukung propaganda jaringan terorisme internasional melalui dunia maya, hingga pelatihan paramiliter.

Baca juga : Gempa M5,2 Guncang Kabupaten Bandung, Tak Berpotensi Tsunami

"Selama 2023, ada 94 orang PMI terlibat dan dideportasi, ini tentunya mencoreng bangsa Indonesia," bebernya.

Bangbang juga mengajak PMI untuk meningkatkan solidaritas, saling berkomunikasi, mengingatkan dan melaporkan apabila terdapat sesama PMI yang terlibat dalam terorisme.

“Sering komunikasi untuk saling mengingatkan barangkali ada yang mulai terpapar,” jelas Bangbang.

Baca juga : Kepala BNPT: Mahasiswa Harus Mengedukasi Generasi Muda Bahaya Ideologi Kekerasan

Sosialisasi yang diberikan Bangbang pada hari ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara BNPT dan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), tentang Sinergisitas Pencegahan Tindak Pidana Terorisme yang diteken pada pekan lalu (13/11/2023).

Melalui Nota Kesepahaman tersebut, BNPT dan BP2MI sepakat untuk memberikan sosialisasi pada saat sebelum, selama, hingga setelah bekerja bagi PMI dan keluarganya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.