Dark/Light Mode

Airlangga Ungkap 3 Mesin Ekonomi Di Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia

Jumat, 22 Desember 2023 13:49 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengungkapkan 3 Mesin Ekonomi Dalam Seminar Nasional Outlook Perkonomian Indonesia di Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Dok. Kemenko Perekoomian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengungkapkan 3 Mesin Ekonomi Dalam Seminar Nasional Outlook Perkonomian Indonesia di Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Dok. Kemenko Perekoomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto terus menggaungkan optimisme bagi ketangguhan perekonomian nasional. Hal tersebut dalam merespons berbagai tantangan yang dihadapkan kepada perekonomian Indonesia.

Dengan optimisme tersebut, Airlangga berharap seluruh stakeholders terus memaksimalkan kontribusi guna meningkatkan pertumbuhan dan menjaga ketahanan ekonomi nasional.

Baca juga : Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024 Tekankan Optimisme Ekonomi Nasional Moncer

Menurutnya, melalui dukungan kuat seluruh lapisan masyarakat, Indonesia berhasil menjaga resiliensi perekonomian nasional di tengah dinamika global.

"Fundamental perekonomian Indonesia terus menunjukkan kinerja yang kuat, di mana ekonomi Indonesia mampu tumbuh di kisaran 5 persen dalam 8 triwulan berturut-turut dan tercatat tumbuh lebih baik dibanding pertumbuhan berbagai negara lainnya," ujar Airlangga dalam keterangannya, Jumat (22/12/2023).

Baca juga : Mahfud Ungkap Alasan Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Turun

Airlangga mengelaskan, tingkat inflasi juga relatif terkendali serta rasio utang Pemerintah masih berada dalam level yang aman.

Dalam jangka pendek, Indonesia optimis bahwa perekonomian mampu tumbuh 5,1 persen di tahun 2023 dan tumbuh 5,2 persen di tahun 2024 meski di tengah berbagai downside risks yang dihadapi.

Baca juga : Kemenperin Dan Mitra Internasional Kolaborasi Kerek Mutu Vokasi Indonesia 

Dalam Seminar Nasional Outlook Perkonomian Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (22/12/2023), Presiden Jokowi menyampaikan bahwa di tahun 2024 nanti Indonesia tidak punya alasan untuk tidak optimis.

Meski demikian, Presiden Jokowi mengingatkan agar segala upaya yang dilakukan dalam menjaga ketahanan ekonomi nasional tetap mengedepankan kehatihatian.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.