Dark/Light Mode

BNPT: I-KHub Miliki Dampak Internasionalisasi

Jumat, 12 Januari 2024 14:36 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berharap, I-KHub dapat memiliki dampak internasionalisasi dan juga regionalisasi, sebagai rujukan pengambilan kebijakan untuk mencegah dan menanggulangi ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah kepada terorisme

"Harapannya adalah I-KHub miliki dampak internasionalisasi dan diregionalisasikan sebagai contoh adalah produk-produk pengetahuan dari I-KHub menjadi rujukan,” kata Deputi Bidang Kerjasama Internasional BNPT Andhika Chrisnayudhanto, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat, (12/1/2024).

Salah satunya, seperti yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Global Counter Terrorism Forum ke-13 tahun 2023, yang merefleksikan berbagai temuan hasil riset yang dikeluarkan oleh I-KHub.

Baca juga : Gelar Muktamar Internasional, JIC Dorong Dai Jadi Agen Peradaban

Tidak hanya sebagai produk knowledge, Andhika menyebut kehadiran I-KHub dapat menjadi wadah koordinasi dan komunikasi bersama bagi pemerintah pusat kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat sipil, dalam menyukseskan Rencana Nasional Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE).

"Mitra I-KHub baik dari internal BNPT dan eksternal kementerian, lembaga, dan Pemerintah Daerah dapat terlibat aktif dalam memanfaatkan platform I-KHub sebagai wadah koordinasi, komunikasi, dan berbagi-pakai data," tuturnya.

BNPT pun berbangga terhadap pelaksanaan penyerahan ini, mengingat I-KHub sebagai produk pengetahuan berdasarkan evidence-based dapat menjadi rujukan pengambilan kebijakan, untuk mencegah dan menanggulangi ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah kepada terorisme sesuai dengan Renstra 2020-2024.

Baca juga : 6 Siswa SMP Wakili Indonesia di Ajang Olimpiade Sains Internasional Di Thailand

"Dalam Renstra 2020-2024. Pembuatan regulasi kebijakan penanggulangan terorisme dilakukan berdasarkan evidence based. BNPT patut berbangga dengan adanya I-KHub," ungkapnya.

Mantan Direktur Regional-Multilateral BNPT ini juga melihat, peluang I-KHub ke depan dapat terus berkembang dan bermanfaat dalam pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan, yang mengarah pada terorisme di Indonesia, terutama dengan pelibatan unsur perusahan swasta.

"Kami berharap I-KHub BNPT yang telah diinisiasi pada tahun 2020 dapat terus berkembang dan bermanfaat bagi upaya kita bersama meningkatkan dan mengembangkan kebijakan, strategi, serta program pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di Indonesia," jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.