Dark/Light Mode

Kemendagri Apresiasi Kinerja Pemprov Sumsel Di Bawah Komando Agus Fatoni

Kamis, 18 Januari 2024 13:51 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi kinerja Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni.

Apresiasi ini diberikan atas Capaian Kinerja 106 Indikator dan 10 Program Prioritas dari Provinsi Sumsel selama Triwulan I sejak 2 Oktober 2023-2 Januari 2024.

Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga mengapresiasi kinerja Pemprov Sumsel yang terlihat sangat baik.

"Di beberapa indikator secara nasional yang dibutuhkan sangat baik, yaitu stunting, kemiskinan ekstrem, penanganan inflasi dan lainnya," kata Kastorius, Kamis (18/1/2023).

Baca juga : BI Prediksi Kinerja Penjualan Eceran Desember Tetap Kuat

Sekadar informasi, terdapat 10 indikator prioritas Pemprov Sumsel. Yaitu, kesehatan, stunting, layanan publik, kemiskinan ekstrem, inflasi, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), penyerapan anggaran, perizinan, kegiatan unggulan dan pengangguran.

Inspektur III Kemendagri Elfin Ilyas juga memuji terkait penanganan inflasi di Sumsel yang cukup rendah.

"Pak Pj Gubernur Sumsel kami apresiasi inflasinya cukup rendah, cukup baik 3,17 persen. Ini pasti disupport juga oleh kota yang terpilih untuk mengukurnya. Kan ada dua Palembang dan Lubuk Linggau itu lah yang masuk dalam pencacahan untuk mengetahui perilaku perubahan harga," kata Elfin.

Sementara, Tim Evaluator Inspektorat Jenderal Kemendagri Dimyati menilai, laporan kinerja yang disampaikan pada triwulan I sangat membanggakan.

Baca juga : Anies Sowan Ke Kiai, Prabowo Diskusi Di PWI, Ganjar Jaga Kandang

"Pak Pj Gubernur Sumsel kami apresiasi terhadap laporan yang disampaikan. Di triwulan I saja sudah segini apalagi triwulan II," ucapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Tim Evaluator Inspektur Jenderal Kemendagri Wira.

Menurutnya, dari segi kepatuhan melaksanakan kebijakan dinilai hampir 100 apabila kebijakan mandatory spending mendapat angka sempurna. 

"Saya dari aspek kepatuhan melaksanakan kebijakan Pemerintah, ini sebetulnya nilainya hampir 100," ujar Wira.

Baca juga : Mentan Senang Performa Produksi Bawang Merah Semakin Baik

Sementara, Agus Fatoni menyampaikan terima kasih atas apresiasi dan masukan yang diberikan oleh Tim Evaluator Inspektur Jenderal Kemendagri.

Fatoni berkomitmen akan menindaklanjuti segala masukan yang diberikan oleh Tim Evaluator Inspektur Jenderal Kemendagri.

Terkait penanganan kemiskinan ekstrem dan stunting di Sumsel akan lebih intens lagi dalam penanganannya.

Saat ini, Sumsel telah memiliki program orang tua asuh bagi anak yang menderita stunting atau termasuk dalam kategori kurang mampu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.