Dark/Light Mode

Bukti Pemerintah Tak Setengah Hati Bangun Papua

Jokowi Senang Meresmikan Jembatan Youtefa Tepat di Hari Sumpah Pemuda

Senin, 28 Oktober 2019 16:21 WIB
Jokowi (tengah) saat meresmikan Jembatan Youtefa, hayapura, Papua, Senin (28/10). (Foto: Humas Kemendagri)
Jokowi (tengah) saat meresmikan Jembatan Youtefa, hayapura, Papua, Senin (28/10). (Foto: Humas Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jembatan Youtefa di Kota Jayapura, Papua yang diresmikan Presiden Jokowi pada hari ini, Senin (28/10), adalah bukti bahwa pemerintah tidak setengah hati membangun Papua. Inilah bukti konkret komitmen Jokowi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia Bagian Timur. 

"Saya senang meresmikan Jembatan Youtefa bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda," kata Jokowi, Senin (28/10).

Baca juga : Jokowi Resmikan Jembatan Youtefa, Ikon Kebanggaan Masyarakat Papua

Jembatan di atas Teluk Youtefa dengan tipe pelengkung baja terpanjang di Papua itu,  menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami di Provinsi Papua. Jembatan ini menyingkat waktu tempuh dari Kota Jayapura menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw lebih cepat dari semula 1,5 hingga 2 jam menjadi sekitar 30-45 menit saja. 

Sehingga, selain meningkatkan konektivitas, jembatan Youtefa juga akan mendorong pengembangan Kota Jayapura ke Timur, yakni ke arah kawasan Skouw.

Baca juga : Pulang Dari Wamena, Jokowi Resmikan Jembatan Youtefa

Pengembangan selanjutnya dari kawasan sekitar Jembatan Youtefa adalah untuk wisata air karena didukung dengan pemandangan teluk dan perbukitan. Jembatan Youtefa juga akan memperpendek jarak dan waktu tempuh menuju kawasan Koya, sebagai venue beberapa cabang olahraga dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. Rencananya juga Teluk Youtefa ini akan menjadi venue pertandingan dayung PON 2020 Papua.

Ini juga kali pertama, pembangunan jembatan di mana pelengkungnya dibuat utuh di tempat lain kemudian dibawa ke lokasi. Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan 2 (dua) rekor pada proyek pembangunan jembatan Youtefa, yakni rekor pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh dan rekor pemasangan jembatan rangka baja utuh terpanjang. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.