Dark/Light Mode

Angka Kecelakaan Tinggi, Kakorlantas Sosialisasi Keselamatan Berkendara

Sabtu, 2 Maret 2024 18:30 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengendarai motor di acara Gebyar Keselamatan 2024 di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (2/3/2024). (Foto: Ist)
Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengendarai motor di acara Gebyar Keselamatan 2024 di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (2/3/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi dan kegiatan Gebyar Keselamatan 2024 di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (2/3/2024)

"Tadi sudah digelar apel gelar operasi keselamatan lalu lintas yang akan dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai dengan 17 Maret 2024 secara serentak," kata Kakorlantas Irjen Aan Suhanan

Irjen Aan Suhanan mengungkapkan, ada beberapa pelanggaran yang menjadi sasaran dalam operasi keselamatan tahun ini. Di antaranya over speed atau kecepatan, penggunaan helm, sabuk pengaman dan perlindungan terhadap anak.

"Kemudian berkendara di bawah pengaruh alkohol atau obat-obat terlarang, penggunaan handphone pada saat berkendaraan, melawan arus dan overload over dimension itu yang akan menjadi sasaran di samping pelanggaran-pelanggaran yang lainnya," ungkapnya.

Baca juga : Harga Beras Februari Tertinggi Di Jakarta Dalam 3 Tahun Terakhir

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pentingnya berkeselamatan saat berkendara, pihaknya dan stakeholder mencanangkan aksi keselamatan jalan.

Irjen Aan menjelaskan, angka kecelakaan secara nasional cukup tinggi, yaitu ada 152.000 lebih kecelakaan yang terjadi dan sebanyak 27.000 lebih korban meninggal dunia. Angka tersebut belum termasuk yang luka berat, permanen, cacat seumur hidup, luka ringan.

"Kerugian material itu bisa sampai 500 miliar rupiah dalam setahun.  Karena itu guna mendukung tindakan pencegahan kecelakaan lalu lintas, digelar aksi keselamatan jalan," papar Kakorlantas. 

Adapun, kata Irjen Aan Suhanan, aksi keselamatan ini menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya milik Polri atau kementerian dan lembaga terkait guna mewujudkan Kamseltibcarlantas.

Baca juga : Banyak Daerah Tidak Punya Aksi Kala Harga Beras Naik

"Hari ini teman-teman dari Komunitas dari seluruh masyarakat yang ada di Semarang juga mengucapkan ikrar untuk bersama-sama kita melakukan aksi keselamatan di jalan," seru Kakorlantas.

"Untuk itu, saya berharap ke depannya masyarakat bisa kita berikan pemahaman tentang arti pentingnya keselamatan berlalu lintas di jalan," tambahnya.

Selain itu, Dirut PT Jasa Raharja Rivan A Purwantono mengungkapkan bahwa pihaknya akan hadir dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat yang mengalami kecelakaan. Hal itu ia sampaikan sebagai wujud aksi keselamatan berlalu lintas.

"Hari ini yang penting gagasan untuk membuat Hari Keselamatan Jalan ini menjadi kegiatan yang bersifat nasional akan menjadi sejarah bahwa aksi keselamatan jalan di Semarang ini adalah yang pertama dan akan dicanangkan di seluruh Indonesia," ungkap Rivan.

Baca juga : Cek Kesiapan Arus Mudik 2024, Kakorlantas Survei Jalur Tol Semarang-Surabaya

Dalam kesempatan tersebut Korlantas Polri menyumbangkan lima unit kendaraan roda dua untuk Polda Jawa Tengah, juga dilakukan penyematan pin keselamatan kepada komunitas motor dan pelajar, serta memberikan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas, selain itu Kakorlantas juga melakukan test drive motor listrik.

Turut hadir Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Agus Suryonugroho, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Bakharuddin Muhammad Syah, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi, Dirlantas Polda Jateng Kombes Sonny Irawan dan pejabat utama lainnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.