Dark/Light Mode

Jokowi Terus Tongkrongi IKN Supaya Tak Meleset

Minggu, 3 Maret 2024 08:45 WIB
Presiden Jokowi didampingi para menteri meninjau pembangunan IKN. (Foto: X Jokowi)
Presiden Jokowi didampingi para menteri meninjau pembangunan IKN. (Foto: X Jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menargetkan pembangunan inti Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bisa selesai tahun ini. Agar tidak meleset, eks Gubernur DKI Jakarta itu terus tongkrongi pembangunan IKN. 

Jokowi telah berada di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sejak Kamis (29/2/2024). Setibanya di Kaltim, Jokowi telah ditunggu oleh segudang agenda peletakan batu pertama (groundbreaking) hingga peresmian proyek pembangunan IKN. 

Diawali dengan groundbreaking proyek-proyek kecil. Kemudian dilanjutkan dengan meninjau sejumlah proyek yang sedang dikerjakan. Seperti pengerjaan lapangan upacara dan Istana Presiden di kawasan IKN, yang bakal digunakan untuk Upacara Peringatan ke-79 Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Lapangan upacara dan Istana Presiden posisinya berdampingan. Dari kejauhan, bangunan ini nampak megah dan di sisi depannya ada lapangan rumput hijau yang luas. 

Masuk lebih dekat, ada sebuah tangga menuju kompleks istana. Posisinya menjadi titik tertinggi bangunan yang menghadirkan pemandangan luas IKN dengan patung Garuda sebagai simbolnya.

Mereka yang ikut dalam kunjungan ini tampak kagum dengan proses pembangunannya, raut wajahnya ceria karena sebentar lagi bisa ramai-ramai menggunakannya untuk upacara kemerdekaan.

Baca juga : Presiden Jokowi Tinjau Pusat Komando IKN Dan Studio Mini TVRI

Tak cuma memantau Istana barunya, Jokowi juga groundbreaking pembangunan Gedung BPJS Kesehatan dan melakukan seremoni penyelesaian akhir hunian Aparatur Sipil Negara (ASN) dan personel pertahanan keamanan (hankam).

Sebanyak 12 tower hunian dijadwalkan selesai pada Juni mendatang, diikuti oleh 21 tower tambahan pada September, dan 14 tower lagi pada bulan November. Total keseluruhan, akan ada 47 tower yang selesai pada akhir November 2024.

Jokowi  juga melakukan groundbreaking pembangunan Bankaltimtara dan Gedung Telkom Smart Office. Mantan Wali Kota Solo itu pun berkunjung ke Pusat Komando (Nusantara Command Center) IKN dan studio mini TVRI yang lokasinya bersebelahan. Kedua bangunan ini sudah mulai beroperasi.

"Pusat Komando ini memiliki fungsi utama dalam layanan pemantauan pembangunan IKN dengan memanfaatkan teknologi pengawasan dan pemantauan berbasis CCTV, monitoring drone berbasis visual, serta integrasi layanan digital," kata Jokowi.

Dia bilang, Nusantara Command Center dibangun sebagai pendukung konsep kota cerdas. Dari ruangan itu, Pemerintah bakal mengoptimalkan pembangunan, integrasi, serta koordinasi tentang IKN.

Kurator Pembangunan IKN Nusantara, Ridwan Kamil mengatakan, Jokowi sangat bersemangat membangun ibu kota negara baru. Kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu, Jokowi ingin membangun pusat pemerintahan sekaligus kota. Artinya, IKN tak hanya diisi oleh gedung-gedung dan pegawai Pemerintah.

Baca juga : Sering Dicadangkan, Kepa Mau Balik Ke Chelsea

"IKN ini harus jadi kota, pusat pemerintahannya ada orang-orang non PNS-nya mendominasi," ucap Emil di akun Instagram pribadinya, @ridwankamil, Sabtu (2/3/2024).

Menurut politisi Partai Golkar itu, ibu kota negara baru yang berhasil adalah Washington DC di Amerika Serikat. Kota itu tetap ramai meski kantor-kantor Pemerintah tutup pada malam hari. 

"Ambisi Presiden Jokowi yang lain adalah membangun ibu kota yang ramah lingkungan. Salah satunya dengan melakukan penghutanan kembali di sekitar IKN," tambah Emil. 

Selain itu, berdasarkan informasi dari Instagram resmi Otorita IKN, Sabtu (2/3/2024), Pemerintah sudah melakukan groundbreaking di IKN sebanyak lima tahap. Di mana tahap kelima ini baru saja dilakukan oleh Jokowi pada Kamis (29/2/2024) dan Jumat (1/3/2024) kemarin.

Secara rinci groundbreaking tahap pertama dilakukan untuk proyek-proyek dari Agung Sedayu Group, Salim Group, Pulauintan, Adaro, Barito Pasific, Mulia Group, Astra Group, Vasanta, Innopark, RS Adbi Waluyo, PSSI, dan FIFA.

Kemudian groundbreaking tahap kedua dilakukan untuk proyek-proyek dari RS Hermina, Pakuwon Group, NIS, Mayapada Hospital, Astra International - Yayasan Pendidikan Astra, Kemenhub, BPJS TK, Bank Indonesia, dan PLN

Baca juga : Prabowo: Pak Jokowi Sosok yang Mengajak Persatuan

Selanjutnya groundbreaking tahap ketiga dilakukan untuk proyek-proyek dari PT Tirta Investama, KLHK Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, The Pakubuwono, PT Wulandari Bangun Laksana, Balikpapan Superblock, BSH, Blue Bird, Kantor Polres Khusus IKN, Kantor Komando Distrik Militer.

Groundbreaking tahap keempat yang telah dilakukan untuk proyek-proyek dari Jambuluwuk Nusantara Hotel, Kantor Otorita Ibu Kota Nusantara, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Masjid Negara, Memorial Park, Nusantara Warehouse Park, Sentra Unggul Nusantara (SUN) Hub.

Groundbreaking tahap kelima pada Kamis dan Jumat kemarin untuk proyek tiga bank BUMN terbesar di Indonesia, yaitu Mandiri, BRI, dan BNI. Di saat yang bersamaan Otorita IKN bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga menandatangani rencana pembangunan gedung kantor OJK di calon ibu kota baru itu. 

Sementara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemindahan ASN ke IKN terus dimatangkan dari aspek kelembagaan, tata kelola, dan sumber daya manusia (SDM) aparaturnya.

Anas mengatakan sebanyak 6.000 ASN akan dipindahkan ke IKN mulai September 2024 dari awalnya dijadwalkan  pada Juli 2024. Namun, kata dia, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengarahkan agar perpindahan itu dilakukan sebelum Oktober 2024 atau selesainya pemerintahan Jokowi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.