Dark/Light Mode

Gunung Dukono Di Halmahera Erupsi, Tinggi Kolom Letusan 4.000 Meter

Rabu, 3 Januari 2024 09:57 WIB
Gunung Dukono di Pulau Halmahera, Maluku Utara mengalami erupsi pada Rabu (3/1/2024) pukul 06.52 WIT. (Foto: PVMBG)
Gunung Dukono di Pulau Halmahera, Maluku Utara mengalami erupsi pada Rabu (3/1/2024) pukul 06.52 WIT. (Foto: PVMBG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Dukono di Pulau Halmahera, Maluku Utara dilaporkan mengalami erupsi pada Rabu (3/1/2024) pukul 06:52 WIT.

Baca juga : Korut Luncurkan Rudal Jarak Jauh, Washington Ketar-Ketir

Tinggi kolom letusan teramati ± 4.000 m di atas puncak (± 5.087 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu, dengan intensitas tebal ke arah barat daya.

Baca juga : Hamas-Israel Sepakat Lepaskan 400 Sandera

Merespons situasi ini, Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) mengingatkan masyarakat di sekitar Gunung Dukono, serta para pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas, mendaki, dan mendekati Kawah Malupang Warirang dalam radius 3 km.

Baca juga : Gunung Dukono Di Halmahera Erupsi, Tinggi Kolom Letusan ± 1.900 M

Mengingat letusan dengan abu vulkanik secara periodik terjadi dan sebaran abu mengikuti arah dan kecepatan angin, sehingga area landaan abunya tidak tetap, masyarakat di sekitar Gunung Dukono diimbau untuk selalu menyediakan masker/penutup hidung dan mulut untuk digunakan pada saat dibutuhkan. Demi menghindari ancaman bahaya abu vulkanik pada sistem pernapasan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.