Dark/Light Mode

BNPT Gandeng Kemendes Deteksi Dini Penyebaran Terorisme Lewat Desa Siapsiaga

Kamis, 7 Maret 2024 17:23 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggandeng Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT) untuk bersinergi dalam Program Desa Siapsiaga.

Langkah ini sebagai upaya deteksi dini pencegahan penyebaran paham radikal.

Perjanjian kerja bersama ini dilaksanakan guna sinergi menyukseskan Program Desa Siapsiaga untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan di Desa, Daerah Tertinggal dan Kawasan Transmigrasi.

Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono mengatakan, dengan memberdayakan seluruh komponen masyarakat dan aparat yang berada di dalamnya, Desa Siapsiaga mampu untuk melakukan deteksi dini dan cegah dini penyebaran paham radikal terorisme.

Baca juga : Smelter PTFI Gresik Beroperasi Bulan Juni, Penerimaan Negara Siap-siap Meroket

"Desa Siapsiaga merupakan desa yang memiliki Daya Tahan dan Daya Tangkal terhadap masuknya ideologi radikal, terorisme, dan ekstremisme kekerasan ke wilayah desa tersebut, dengan memberdayakan seluruh komponen masyarakat dan aparat yang berada di dalamnya, untuk melakukan deteksi dini dan cegah dini penyebaran paham radikal terorisme," kata Bangbang, saat Penandatanganan PKB di gedung BUMN, di Jakarta, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (7/3/2024).

Bangbang menjelaskan, Program Desa Siapsiaga merupakan bagian dari Rencana Aksi Nasional Penanggulangan Ekstremisme Berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme, mengenai pengimplementasian sistem deteksi dini berbasis komunitas di sejumlah daerah yang diidentifikasikan menjadi wilayah prioritas atau rentan terpapar.

"Melalui aksi ini, diharapkan memperoleh hasil berupa sistem deteksi dini berbasis komunitas untuk pencegahan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme, baik di tingkat lokal Desa dan Nasional," terangnya.

Karena itu, demi memaksimalkan kinerja Program Desa Siapsiaga, BNPT menggandeng Kementerian Desa untuk dapat bersinergi.

Baca juga : Kepala BNPT Letakkan Batu Pertama Museum Nasional Penanggulangan Terorisme

"Dalam rangka menyukseskan program ini, BNPT menggandeng Kementerian Desa PDTT untuk menyinergikan program kedua belah pihak yang menyasar masyarakat desa sebagai target dari programnya," ucap Sestama BNPT.

Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT, Taufik Madjid menyampaikan, untuk jajarannya dapat menindaklanjuti kerja sama ini secepatnya.

"Kami mendukung BNPT, dan sebaliknya BNPT juga mendukung tugas-tugas Kemendes. Desa itu jadi episentrum dari pembangunan nasional. Karena itu, saya kira kita sama-sama harus segera melanjutkan tindak lanjut dari PKB, jangan sampai kita menunggu lagi," ungkap Taufik.

Sebagai informasi, ruang lingkup dari kerja sama ini terdiri atas pertukaran data dan informasi, pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Damai berkeadilan melalui Program Desa Siapsiaga, Sosialisasi perdamaian antarwilayah melalui pendekatan kebudayaan.

Baca juga : Kemenkes Upayakan Deteksi Dini Kanker Lebih Mudah Dan Murah Di Puskesmas

Selanjutnya, kearifan lokal dan karakteristik wilayah dalam mewujudkan kesiapsiagaan nasional, peningkatan kapasitas aparatur dan masyarakat desa dalam hal penanggulangan terorisme dan kegiatan lainnya yang disepakati oleh para pihak.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.