Dark/Light Mode

Kemensos Fokus Berdayakan Masyarakat Miskin

Kamis, 31 Oktober 2019 18:23 WIB
Menteri Sosial Juliari Batubara saat penandatanganan nota kesepahaman peningkatan sinergitas dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pencapaian Visi Misi Presiden dan RKP 2020 di Ruang Heritage Kemenko PMK, Kamis (31/10). Foto: Danu Arifianto
Menteri Sosial Juliari Batubara saat penandatanganan nota kesepahaman peningkatan sinergitas dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pencapaian Visi Misi Presiden dan RKP 2020 di Ruang Heritage Kemenko PMK, Kamis (31/10). Foto: Danu Arifianto

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Sosial (Kemensos) ke depan tak hanya fokus pada penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat miskin. Tapi juga memberdayakan masyarakat penerima bantuan, agar bisa hidup sejahtera secara mandiri di kemudian hari.

Hal ini disampaikan Menteri Sosial Juliari Batubara dalam paparan programnya saat rapat Koordinasi Percepatan Pencapaian Visi Misi Presiden dan RKP 2020 di Ruang Heritage Kemenko PMK, Kamis (31/10).

Baca juga : Mentan Dorong Pembibitan Ayam Kampung Berbasis Pemberdayaan Masyarakat

"Apa yang akan kami lakukan ini tentu saja tidak akan menghilangkan berbagai bantuan sosial yang sudah ada dan dijalankan hingga saat ini. Semua akan tetap kami jalankan. Kami hanya ingin ke depan masyarakat miskin kita tidak hanya diberikan bantuan sosial, tetapi juga harus diberdayakan supaya masyarakat bisa sejahtera secara mandiri," kata Juliari.

Namun, ia mengungkapkan, saat ini anggaran yang dimiliki institusinya dalam menjalankan program pemberdayaan masyarakat masih terbatas. Tapi ia menjamin jumlahnya akan terus ditingkatkan secara bertahap.

Baca juga : Pertamina Fokus Penanganan Pipa di Tol Padalarang

"Dalam menjalankan program ini kami tentu akan berkoordinasi dengan kementerian lain. Seperti Kementerian Pendidikan, dan Kementerian Agama. Tapi soal detailnya belum bisa saya jelaskan karena masih akan kami diskusikan," kata Juliari.

Menanggapi paparan Mensos, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengaku setuju dengan rencana program tersebut. Sebab, menurutnya, selama ini masyarakat miskin hanya dimanjakan dengan bantuan sosial, namun tidak diberdayakan untuk dapat keluar dari garis kemiskinan.

Baca juga : Beratkan Masyarakat, Pengusaha Minta Rencana Cukai Plastik Dikaji Ulang

"Cara-cara seperti inilah yang kedepan kita lakukan. Karena kalau kita sifatnya hanya menyantuni, kapan habisnya orang miskin," kata Muhadjir.

Para menteri yang turut hadir adalah rapat koordinasi ini di antaranya Mendikbud Nadiem Makarim, Menteri Agama Fachrul Razi, Menpora Zainuddin Amali, Wamenag Zainut Tauhid, dan Kepala BNPB Doni Monardo. [DNU]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.