Dark/Light Mode

Angka Kemiskinan Nol Persen, Kemendagri Apresiasi Pj Gubernur Sumsel

Senin, 8 April 2024 21:39 WIB
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni (tiga dari kiri). (Foto: Ist)
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni (tiga dari kiri). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi capaian kinerja dan penghargaan dari Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Agus Fatoni. 

Hal ini disampaikan dalam kegiatan Evaluasi Kinerja Pj Kepala Daerah di Kantor Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri, Jakarta. 

Staf khusus Menteri Dalam Negeri Kastorius Sinaga mengapresiasi langkah Pj. Gubernur Sumsel menurunkan angka kemiskinan di persentase nol persen. 

Baca juga : Tinjau Layanan Serambi MyPertamina, Menteri PPPA Apresiasi Pertamina

Kastorius melihat Sumsel penurunannya paling cepat di Sumatra dan empat Kabupaten sudah bebas dari kemiskinan ekstrem. 

"Karena kan targetnya tahun 2024 ini seharusnya semua daerah 0 persen. Sumsel ini boleh dikatakan delapan Kabupaten/Kota sudah nol koma sekian persen, kalau sudah angka segitu jika dipertahankan hingga tahun 2024 itu sudah akan bebas dari kemiskinan ekstrem," kata Kastorsius di Jakarta, Senin (8/4/2024). 

Kastorius menjelaskan, Instruksi Presiden Nomor 4 merupakan instruksi untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam rangka percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dengan memastikan ketetapan sasaran dan integrasi program antar kementerian/lembaga melibatkan peran masyarakat. 

Baca juga : Astra Resmikan Omah Pembatik Cilik Jadi Destinasi Eduwisata Di Gunung Kidul

Inspektur 3 Itjen Kemendagri Elfin Elyas juga mengapresiasi turunnya inflasi di dua Kabupaten Sumsel, yaitu Ogan Komering Ilir (OKI) dan Muara Enim pada periode Januari-Maret 2024. 

"Saran kami Pak Gub (Agus Fatoni), ke depan ada dorongan dari Pak Gub ke Kabupaten/Kota untuk membuat proposal neraca pangan ke depannya. Saya yakin ini bisa disajikan dan dianjurkan kemudian dilaksanakan ke Kabupaten/Kota," kata Elfin.

Selanjutnya, apresiasi juga disampaikan Inspektur 3 Itjen Kemendagri Rustam. Dia menyebut kerjasama antara Pemprov Sumsel dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumsel sudah cukup baik.

Baca juga : Resmi Dinyatakan Sebagai Pemenang Pilpres, Prabowo Mau Merangkul Lawan

"Rekomendasi dari Badan Kebijakan Strategi Nasional (BKSN) Kemendagri untuk mengaktifkan atau mengoptimalkan peran Kominfo dalam hal ini literasi pengguna sosial sekaligus memantau berita-berita hoaks di dunia maya sehingga bisa diantisipasi," ucapnya. 

Sementara itu, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengapresiasi berbagai masukan dari tim evaluasi, dan menyebut bahwa Sumsel tidak akan bisa bergerak jika tidak bergerak serentak. 

"Kami ucapkan terima kasih atas semua masukan, saran dan pendapat ini sangat penting bagi kami untuk meningkatkan kinerja juga menjadi evaluasi bagi kami sehingga kinerja ke depannya semakin meningkat," katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.