Dark/Light Mode

Arus Balik Lebaran 2024, Kepala BNPB Imbau Masyarakat Jaga Kewaspadaan

Sabtu, 13 April 2024 20:13 WIB
Foto: BNPB
Foto: BNPB

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, mengimbau masyarakat yang akan kembali dari libur lebaran di kampung halaman masing-masing untuk tetap waspada saat di perjalanan.

Imbauan itu disampaikan Suharyanto setelah melakukan tinjauan udara mengelilingi sejumlah wilayah di Jawa Timur pada Jumat (12/4/2024).

Pantauan udara ini dilakukan untuk melihat secara langsung potensi terjadi bencana di beberapa wilayah yang ada di Jatim.

“BNPB tidak bosan-bosannya mengingatkan para pemudik untuk menjaga kewaspadaan, mempertahankan kesiapsiagaan,” imbau Suharyanto dalam siaran pers, dikutip Sabtu (13/4/2024) 

Baca juga : Arus Balik Lebaran, Jasamarga Tollroad Maintenance Tingkatkan Layanan Preservasi

Suharyanto menambahkan, BNPB bersama BPBD telah menggelar posko di beberapa lokasi di sepanjang Pulau Jawa, Sumatera dan Bali untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan antisipasi bencana pada saat libur Lebaran tahun 2024 ini.

“Apabila lelah di jalan ada posko-posko BNPB, BPBD yang sudah digelar di sana. Juga bisa memberikan bantuan apabila ada kondisi-kondisi mendesak,” terangnya. 

Selain menempatkan personil di posko pemantauan lebaran, BNPB juga mengeluarkan dasbor sistem informasi ‘Peta Mudik Siaga Bencana’ yang bisa dilihat pada tautan https://bit.ly/PetaMudikAman2024.

"BNPB telah sebarkan peta rawan bencana, pahami betul daerah-daerah yang rawan banjir, longsor dan cuaca ektrem. Setiap daerah sudah ada datanya sehingga ketika bergerak dari satu titik ke tiik lain betul-betul waspada, jangan sampai kejadian kecelakaan akibat kondisi alam menjadi pengalaman baik agar tidak terjadi,” ingatnya.

Baca juga : HUT ke-12 Pegunungan Bintang, Polres Imbau Warga Turut Jaga Kedamaian

Suharyanto bersama jajaran pejabat di lingkungan BNPB dan perwakilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, yaitu Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Akhmad Jazuli dan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Jatim Satriyo Nurseno bertolak dari Bandara Juanda dengan menggunakan Helikopter tipe Bell 412.

Ketiganya kemudian menuju wilayah Surabaya, Gresik, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro.

"BNPB bersama Pemprov Jatim melakukan pemantauan udara terkait potensi bencana saat hari raya. Secara umum kita lihat dari atas, untuk arus balik belum terjadi dan berdasarkan pantuan prediksi cuaca relatif baik, mudah-mudahan para pemudik yang kembali ke tempat kerjanya dapat berjalan baik dan lancar,” tandas Suharyanto.

Sementara itu Akhmad Jazuli mengatakan, Pemprov Jatim telah menyebar posko di seluruh kabupaten dan kota.

Baca juga : Hari Lebaran, Penumpang Whoosh Meningkat 30 Persen

“Selain semua kabupaten kota siaga poskonya, (Pemprov) Jawa Timur ada titik utama, yaitu Surabaya, Kediri, Magetan, Malang, Banyuwangi dan Bangkalan. Ini semua yang terhubung dengan BPBD Provinsi Jawa Timur,” tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.