Dark/Light Mode

Ketua DPR Puan: Keselamatan Masyarakat Saat Mudik Lebaran Prioritas Utama

Sabtu, 6 April 2024 12:11 WIB
Puan Maharani
Puan Maharani

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah diminta menjaga seluruh infrastruktur jalan dan fasilitas penunjang lainnya yang akan digunakan pemudik selama Libur Lebaran. Keselamatan masyarakat saat mudik harus menjadi prioritas.

"Antisipasi hal-hal yang memang harus dilakukan oleh semua stakeholder, baik itu dari sisi jalanan maupun semua fasilitas yang digunakan masyarakat untuk mudik," kata Ketua DPR, Puan Maharani dalam keterangan yang dikutip Jumat (5/4).

Terlebih, beberapa hari lalu terjadi longsor di Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) KM64 arah Jakarta-Sukabumi.

"Pemerintah harus segera melakukan perbaikan dan menyiapkan jalur alternatif yang aman bagi pemudik," katanya.

Baca juga : Lewat GenPosting, Pemerintah Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Saat Mudik

Puan pun mengingatkan, Pemerintah untuk menjamin kelancaran dan keamanan masyarakat saat mudik Lebaran 2024.

"Kabarnya akan ada jutaan orang yang melakukan mudik, mulai hari ini sampai minggu depan.," tuturnya.

Puan juga meminta semua petugas yang berjaga memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik, mulai di tol trans Jawa, stasiun, pelabuhan, terminal, hingga bandara.

"Tentunya tidak hanya di daerah yang banyak pemudiknya, seperti dari Jakarta menuju Jawa, tetapi di daerah-daerah lain, termasuk jalur tol trans Sumatera," katanya.

Baca juga : Siapkan Ribuan Petugas, PLN Jamin Listrik di Jakarta Aman Saat Libur Lebaran

Selain itu, Puan meminta akses pelayanan kesehatan yang diperlukan pemudik tersedia di posko-posko mudik, baik di jalan tol, jalan arteri, stasiun, terminal, maupun bandara.

"Pelayanan kesehatan sebaiknya meliputi pelayanan emergency," ucapnya.

Dia menambahkan, jajaran pemerintah daerah bersama pemangku kepentingan terkait juga harus bersiap menyambut kedatangan para pemudik di daerahnya masing-masing, termasuk dengan memberikan pengawasan terhadap pusat-pusat keramaian dan objek wisata.

"Karena saat mudik Lebaran, masyarakat juga biasanya sekaligus berlibur bersama keluarga. Keamanan dan kenyamanan di tempat wisata dan pusat keramaian pun harus diperhatikan," ucapnya.

Baca juga : Kebut Optimalisasi Lahan, Kementan Gelar Tanam Padi Perdana Di Kalteng

Di sisi lain, Puan mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik yang aman, menyusul prediksi BMKG adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Indonesia selama periode mudik Lebaran 2024.

"Hati-hati dalam melakukan perjalanan mudik. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, istirahat apabila memang terasa lelah atau mengantuk. Manfaatkan rest area dan fasilitas tempat istirahat yang telah disiapkan oleh petugas," ucap Puan.


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :