Dark/Light Mode

Tito Minta Seluruh Kepala Daerah Pahami Visi Misi Jokowi-Ma`ruf

Selasa, 5 November 2019 19:06 WIB
Mendagri Tito Karnavian (Foto: Humas Kemendagri)
Mendagri Tito Karnavian (Foto: Humas Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta seluruh jajaran Pemerintah Daerah memahami Visi-Misi Presiden Jokowi-Wapres KH Maruf Amin, yang dituangkan dalam Program Prioritas Nasional.

Untuk penyamaan persepsi dan dalam rangka harmonisasi tersebut, ia akan mengundang seluruh daerah dan pejabat terkait.

Baca juga : Mendes Abdul Halim Iskandar Laksanakan Visi-Misi Jokowi

“Supaya visi ini sama semua, saya sudah sampaikan kepada Bapak Presiden, pada pertengahan November 2019 seluruh kepala daerah kita akan undang. Mulai dari Gubernur, Bupati/Walikota bersama Kapolda, Kajati, Kajari, Pangdam, Dandim,” kata Tito.

Penyamaan persepsi dan sinkronisasi tersebut perlu dilakukan, agar program pembangunan di pemerintah daerah berlandaskan pada Program Prioritas Nasional. Selain itu, juga untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik daerah masing-masing.

Baca juga : Delegasi AS Ramaikan Pelantikan Jokowi-Ma`ruf

“Apalagi, Bapak Presiden jelas arahannya, daerah harus menyesuaikan. Harus ada program yang menyentuh untuk pembangunan SDM. Khususnya bidang kesehatan dan pendidikan, stunting misalnya. Kedua, membangun lapangan kerja, investasi, kemudahan membuka usaha swasta dalam berinvestasi di daerah masing-masing,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi akan memperjelas Program Prioritas Nasional yang telah dicanangkan. Oara menko dan menteri terkait akan menjabarkan, serta mempertajam program-program prioritas nasional sesuai visi-misi Presiden tersebut.

Baca juga : Wamenlu Jepang Siap Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma`ruf

“Nanti, Pak Presiden akan menyampaikan visi-misi. Sehingga, seluruh kepala daerah paham visi-misinya seperti apa. Supaya bisa masuk dalam rancangan APBD, di samping kebutuhan khas daerahnya masing-masing. Kemudian para Menko dan Menteri terkait juga akan menjabarkan semua program. Ada panel dan tanya jawab. Kita juga akan undang pengawas, KPK, BPK, BPKP dan lain-lain untuk menyampaikan pokok-pokok pandangannya,” jelas Tito.

Diharapkan, setiap unsur pejabat pemerintah daerah mampu memahami secara menyeluruh, terkait program prioritas nasional yang akan diimplementasikan dalam program di daerah masing-masing. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.