Dark/Light Mode

Tuntas Awal 2025, PUPR Kebut Pekerjaan Tol Palembang-Betung

Kamis, 18 April 2024 22:20 WIB
Pembangunan ruas Tol Palembang Betung
Pembangunan ruas Tol Palembang Betung

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan ruas Palembang-Betung, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapalbetung) ditargetkan tuntas awal 2025.

Hal itu dikatakan Basuki Hadimuljono saat meninjau proges Palembang-Betung di  Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/4). 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini mengatakan, Kementerian PUPR bersama dengan pemerintah daerah, jajaran kontraktor pelaksana, dan BUJT telah menyepakati percepatan penuntasan ruas Palembang - Betung ini. 

Baca juga : Luncurkan Buku, Bupati Taput Perkenalkan Metode Pembangunan NIKSON

“Saya telah melihat langsung progres  konstruksi secara utuh dan pernak-pernik permasalahan di Jalan Tol Kapalbetung ini, khususnya ruas Palembang - Betung. Insya allah awal 2025 bisa tuntas,” katanya. 

Menteri dari PDI Perjuangan ini juga menegaskan, tpembebasan lahan Jalan Tol Kapalbetung sudah hampir selesai. 

“Kami akan menambah tim untuk percepatan pembebasan lahan, khususnya dari Pangkalan Balai ke Betung (15 km) yang nanti juga akan dibantu dari Pemerintah Daerah dan BPN. Kami menghargai betul mekanisme pembebasan lahan yang sudah berjalan dan konsisten dengan mekanisme tersebut,” kata Basuki. 

Baca juga : Kejuaraan Bulutangkis Asia 2024, Gregoria Cs Jajal Lapangan

Ia mengatakan, Jalan Tol Kapalbetung dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Waskita Sriwijaya Tol dan dibangun dengan biaya investasi sebesar Rp 22,16 triliun. Nantinya, Jalan Tol ini akan melintasi 3 Kabupaten, yakni Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kabupaten Banyuasin, serta melintasi Kota Palembang. 

Menteri Basuki juga mengatakan, penyelesaian Jalan Tol Kapalbetung akan dilanjutkan dengan rencana konstruksi Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi dengan komposisi Seksi 1 Betung - Tungkal Jaya, Seksi 2 Tungkal Jaya - Bayung Lencir. Lalu, Seksi 3 Bayung Lencir - Tempino dan Seksi 4 Tempino - Jambi/Simpang Ness.

Menuju Jambi, antara Bayung Lencir sampai Tempino (Seksi 3) sepanjang 33 km sudah mulai dikerjakan dengan progres 77%. Target selesai ruas Bayung Lencir - Tempino pada Juli 2024 ini dan bisa diresmikan secara parsial.

Baca juga : Klaim JKM Batal, BPJS Ketenagakerjaan Pluit Lacak Penyebabnya

“Kemudian dari Betung ke Bayung Lencir (Seksi 1 - Seksi 2), dan dari Tempino ke Jambi/ Simpang Ness (Seksi 4) nanti akan dimulai konstruksinya pada Mei 2024. Dengan demikian, Insya allah Palembang - Jambi sudah bisa terealisasi utuh di akhir 2025,” tandasnya.

Jalan Tol Kapalbetung sepanjang 112 km ini merupakan bagian dari backbone Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 2.107 km yang nantinya akan menghubungkan Provinsi Lampung hingga Aceh di Pulau Sumatera. Ruas Kayuagung - Palembang/ Kramasan sepanjang 42 km sudah operasional sejak April 2020. Sedangkan ruas Palembang/ Kramasan - Pangkalan Balai sepanjang 55 km kini tengah dalam tahap konstruksi dengan progres 75%. Sedangkan sisanya dari Pangkalan Balai - Betung sepanjang 15 km tengah dalam tahap pengadaan tanah.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.