Dark/Light Mode

Gamma Thohir Bangun Energi Hijau Ke Desa-desa

Selasa, 30 April 2024 08:13 WIB
Founder DesaBumi Gamma Abdurahman Thohir menjadipembicara talkshow bertema Ekosistem Energi dan LingkunganGuna Mencegah Perubahan Iklim dalam acara Green ImpactDays di Sabuga, ITB Bandung, Senin (29/4/2024).
Founder DesaBumi Gamma Abdurahman Thohir menjadipembicara talkshow bertema Ekosistem Energi dan LingkunganGuna Mencegah Perubahan Iklim dalam acara Green ImpactDays di Sabuga, ITB Bandung, Senin (29/4/2024).

 Sebelumnya 
Ketiga, di Desa Bangkiling Raya, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Di semester pertama 2023, DesaBumi mendukung kelistrikan di Bangkiling Raya melalui pemasangan panel surya dengan kapasitas 5,3 kw.

Fasilitas listrik 5,3 kw ini telah dirasakan manfaatnya oleh 400 santri Pondok Pesantren Mifthahululum, yang berkolaborasi erat dengan Desa Bangkiling Raya untuk mengoptimalkan potensi sumber daya alam, demi kesejahteraan warga setempat.

Baca juga : Hari Otda 2024, Moeldoko Dorong Pemda Bangun Ekonomi Hijau Berkelanjutan

Dalam kegiatan bisnis pesantren, akses listrik 5,3 kw ini mampu menerangi 35 rumah lebah, memfasilitasi perikanan air tawar dengan 20 ribu ikan, dan telah menghasilkan uang hingga 30 ribu dolar AS.

Gamma menekankan, DesaBumi tak sekadar menjadi akses kelistrikan, tetapi juga alat untuk mencapai kesejahteraan. Kuncinya, energi berkelanjutan yang dipadukan dengan inisiatif ekonomi lokal.

Baca juga : Garuda Bantah Terlibat Kartel Tiket Pesawat

“Saya ingin membantu mengurangi kesenjangan yang dialami daerah-daerah terpencil agar mereka bisa mengakses listrik yang nantinya bisa dipakai untuk membantu ekonomi mereka, pendidikan dan banyak sekali yang lainnya,” tandas Gamma. OKT

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Selasa, 30 April 2024 dengan judul "Gamma Thohir Bangun Energi Hijau Ke Desa-desa"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.