Dark/Light Mode

Pemberangkatan Calhaj, Dirjen Imigrasi Pastikan Makkah Route Di 3 Bandara Lancar

Minggu, 12 Mei 2024 13:00 WIB
Dirjen Imigrasi Silmy Karim saat mengecek pelaksanaan Makkah Route untuk pemberangkatan Jemaah Calon Haji di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Minggu (12/5/24). (Foto: Ist)
Dirjen Imigrasi Silmy Karim saat mengecek pelaksanaan Makkah Route untuk pemberangkatan Jemaah Calon Haji di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Minggu (12/5/24). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dirjen Imigrasi Silmy Karim memastikan  pelaksanaan Makkah Route untuk pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) berlangsung lancar. Hal tersebut disampaikan Silmy saat pelepasan kloter pertama JCH yang berangkat dari Bandara Adi Soemarmo, Solo pada Minggu (12/5/24). Di tempat yang sama, Silmy mengecek kesiapan petugas imigrasi dan pelaksanaan kerja sama Makkah Route.

“Alhamdulillah sejauh ini pelaksanaannya cukup lancar. Di Solo dan Surabaya tahun ini perdana untuk implementasi Makkah Route, jadi kami pastikan semua berjalan baik,” jelas Silmy Karim di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Minggu (12/5/24).

Baca juga : Jonatan Christie Pastikan Langkah Indonesia Ke Final Thomas 2024

Di tahun 2024 sebanyak 114.186 Jemaah Calon Haji (JCH) dari bandara keberangkatan Soekarno Hatta di Jakarta, Adi Soemarmo di Solo dan Juanda di Surabaya, memperoleh kemudahan fasilitas pemeriksaan keimigrasian pra kedatangan dari otoritas imigrasi Kerajaan Arab Saudi (KSA) melalui skema Makkah Route.

Jumlah tersebut mencakup 47 persen dari total 241.000 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Indonesia, yang akan diberangkatkan melalui 13 embarkasi. Embarkasi-embarkasi tersebut meliputi Bandara Sultan Iskandar Muda di Aceh, Bandara Kuala Namu di Medan, Bandara Minangkabau di Padang, Bandara Hang Nadim di Batam, Bandara SM. Badaruddin di Palembang, Bandara Soekarno Hatta di Jakarta, Bandara Kertajati di Cirebon, Bandara Juanda di Surabaya, Bandara Sepinggan di Balikpapan, Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin, Bandara Zainuddin Abdul Madjid di Lombok, Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, serta Bandara Adi Sumarmo di Solo Surakarta.

Baca juga : Pemkab Garut Salurkan Bantuan Untuk Korban Longsor Di Banjarwangi

Makkah Route adalah pemindahan proses keimigrasian dari yang seharusnya dilakukan pada Bandara Kedatangan Jemaah Calon Haji (Jeddah dan Madinah) menjadi di Bandara Keberangkatan (Indonesia). Jemaah Calon Haji yang mendapatkan layanan Makkah Route tidak perlu lagi mengantri untuk proses keimigrasian saat tiba di bandara kedatangan (Jeddah dan Madinah). Skema ini telah dimulai di Indonesia sejak tahun 2018 di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.