Dark/Light Mode

Kunjungi Pasar Lawang, Jokowi Borong Keripik Ubi

Kamis, 30 Mei 2024 14:51 WIB
Presiden Jokowi menyapa pedagang dan pengunjung pasar di Pasar Lawang Agung, Kabupaten Musi Rawas Utara Muratara, Sumatera Selatan, Kamis (30/5/2024). (Foto: Khoirul Umam/Rakyat Merdeka)
Presiden Jokowi menyapa pedagang dan pengunjung pasar di Pasar Lawang Agung, Kabupaten Musi Rawas Utara Muratara, Sumatera Selatan, Kamis (30/5/2024). (Foto: Khoirul Umam/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo meninjau Pasar Lawang Agung di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, Kamis (30/5/2024). Jokowi ingin memastikan stabilitas harga bahan pokok di pasar lokal.

Presiden menyampaikan bahwa situasi harga di Pasar Lawang Agung stabil. "Harga-harga baik. Saya lihat kayak cabe rawit di angka Rp 55 ribu, cabe hijau, cabe merah Rp 50 ribu, bawang juga sama, bawang putih Rp 40 ribu, bawang merahnya Rp 45 ribu. Harganya baik," kata Presiden.

Selain mengecek harga, kunjungan ini juga menyoroti infrastruktur lokal. Presiden menyinggung kunjungan sebelumnya ke RSUD Rupit, mengindikasikan bahwa pemeriksaan infrastruktur merupakan bagian dari agenda. 

Baca juga : YSEALI PFP Kunjungi Stasiun Pengisian Hydrogen Milik PLN IP UBP Priok

"Tadi yang rumah sakit sudah, rumah sakit. Nanti saya ke sini itu pasti ada maksudnya. Nanti akan dicek dari Kementerian PU," tambahnya merespons pertanyaan terkait atensi Pemerintah Pusat terhadap kondisi pasar setempat.

Dalam peninjauan kali ini, Presiden sempat membeli keripik ubi yang merupakan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Oka Evrita, salah seorang penjual keripik menyebut bahwa Presiden mengapresiasi pengemasan produk yang dinilai sudah baik.

"Tadi beliau men-support untuk packaging-nya. Packaging-nya sudah bagus," ujarnya. 

Baca juga : Longsor Di Padang, 2 Orang Tertimbun Lumpur

"(Presiden) beli empat, tadi dikasih Rp 500 ribu. Harganya cuma ini Rp 35 (ribu), rendangnya Rp 100 (ribu), kalau pedonya cuma Rp 40 ribu. Terima kasih Pak Jokowi," lanjutnya.

Peninjauan ini menegaskan komitmen Presiden untuk memantau langsung kondisi ekonomi dan infrastruktur di berbagai daerah di Indonesia, terutama di pasar tradisional yang menjadi barometer ekonomi kerakyatan. 

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kali ini yaitu Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni, dan Bupati Musi Rawas Utara Devi Suhartoni. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.