Dark/Light Mode

Menko Perekonomian: Applause Untuk Kerja Extraordinary

Smelter Satu Lajur Terbesar Di Dunia Resmi Start-Engine

Jumat, 28 Juni 2024 08:00 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto didampingi Menteri Investasi/Kepala BPKM Bahlil Lahadia (kemeja putih) dan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas (baju krem) saat peresmian operasi Smelter PTFI di Gresik, Jawa Timur, Kamis (27/06/2024).
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto didampingi Menteri Investasi/Kepala BPKM Bahlil Lahadia (kemeja putih) dan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas (baju krem) saat peresmian operasi Smelter PTFI di Gresik, Jawa Timur, Kamis (27/06/2024).

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia akhirnya punya smelter single-line terbesar di dunia. Megaproyek ini telah selesai dikerjakan di Gresik, Jawa Timur, dan diresmikan pengoperasiannya oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Kamis (27/06/2024).

Airlangga senang sekali proyek ini bisa selesai tepat waktu. Dia memuji PT Freeport Indonesia sebagai manajemen yang luar biasa atau extraordinary.

“Kita beri applause kepada manajemen yang extraordinary. Dan yang dibangun pun pabrik yang extraordinary, luar biasa. Ini sangat tepat waktu, “ katanya.

Baca juga : Menteri Siti: Ini Momen Istimewa!

Peresmian itu menjadi momen penting dimulainya pengoperasian mesin pemurnian konsentrat. Atau istilahnya di-start engine. Ibarat mobil, saat ini sedang tahap pemanasan mesin atau tes produksi (commisioning). Butuh waktu kira-kira 6-10 minggu, sebelum konsentrat mineral diinput dan diolah dalam smelter tersebut. Jika semuanya berjalan lancar, maka sekitar pertengahan Agustus atau paling lambat September, mesin sudah matang, dan bisa produksi. Saat itulah, Presiden Jokowi diharapkan bisa meresmikan smelter yang sudah berproduksi, menghasilkan katoda tembaga, emas, perak dan logam mulia lainnya.

Smelter PTFI atau orang-orang menyebutnya Smelter Manyar, mampu memurnikan 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun. Proyek ini menempati lahan seluas 100 hektar di KEK Java Integrated Industrial Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur. Investasinya mencapai Rp 58 triliun. “Hal ini tidak hanya memberikan manfaat bagi perusahaan konstruksi dalam negeri, tetapi juga menciptakan multiplier effects kepada masyarakat di Kabupaten Gresik,” tutur Airlangga.

Produk-produk tembaga seperti copper tube, copper tape, evaporator tembaga, sangat diperlukan untuk produksi Electric Vehicle (EV) seperti kabel, inverter, hingga baterainya. Karenanya, Pemerintah mendorong hilirisasi untuk keperluan tersebut.

Baca juga : Posisi Zulhas Aman...

“Sekarang renewable energy menjadi tren. Dan tren renewable energy membutuhkan critical mineral, salah satunya copper atau tembaga,” ujarnya.

Smelter baru yang diresmikan ini lebih canggih dari smelter sebelumnya, yang sudah ada di kawasan Gresik. Smelter pertama dikenal sebagai Smelting Gresik, dibangun Freeport pada 1996, bersama konsorsium Jepang dan dioperasikan oleh Mitsubishi, sebagai mesin peleburan tembaga pertama di Indonesia. Kedua smelter ini nantinya akan memurnikan 3 juta ton konsentrat tembaga per tahun dengan produksi sekitar 600.000 ton katoda tembaga, 50 ton emas, dan 200 ton perak per tahun.

“Ini adalah proyek pertama tambang terintegrasi. Dari hulu hingga ke produk akhirnya. Dengan integrasi, maka produksi emas, perak dan logam mulianya akan bayar royalti. Ini akan makin banyak pendapatan Pemerintah,” ungkap Airlangga

Baca juga : Gerindra-Golkar Pisah Jalan

Sebelum melakukan peresmian, Menko Perekonomian diajak berkeliling meninjau kawasan smelter. Di pelabuhan, tampak Kapal Mother Vessel Unitama Lily yang tiba pada Sabtu (22/06/2024) membawa 22 ribu ton konsentrat tembaga dari Papua. Menko dan rombongan juga mengunjungi anode casting dan central control building. Ikut dalam rombongan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas dan sekitar 20 pemimpin media massa nasional termasuk Rakyat Merdeka.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.