Dark/Light Mode

Dapat Bintang 3 Sebelum Dilantik Jadi Ketua KPK

Firli Ketiban Durian Runtuh

Rabu, 20 November 2019 08:01 WIB
Irjen Firli Bahuri (kanan) seusai dilantik menjadi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri di Aula Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/11). (Foto: M.Qori Haliana/Rakyat Merdeka)
Irjen Firli Bahuri (kanan) seusai dilantik menjadi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri di Aula Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/11). (Foto: M.Qori Haliana/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebulan menjelang dilantik sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Irjen Firli Bahuri seperti ketiban durian runtuh. Dia diangkat menjadi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri. Bintangnya pun naik jadi tiga.

Firli sebelumnya menjabat Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel). Mutasi Firli tertuang dalam surat telegram bernomor ST/3020/XI/KEP./2019 yang terbit pada Jumat, 8 November 2019. Surat telegram tersebut diteken Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM), Irjen Eko Indra.

Firli menggantikan Komjen Condro Kirono yang digeser menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Posisi Kapolda Sumsel yang ditinggalkannya diisi Irjen Priyo Widyanto, yang sebelumnya merupakan Kapolda Kaltim. Sementara jabatan Kapolda Kaltim kini dijabat Irjen Muktiono.

Upacara sertijab dilakukan di Aula Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, kemarin pagi. Upacara dipimpin Kapolri, Jenderal Idham Azis. Turut hadir As SDM Kapolri, Irjen Eko Indra Heri; Kadiv Humas Polri, Irjen M Iqbal; Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo; Kadiv Propam Polri, Irjen L Sigit Prabowo; Kepala BNPT, Komjen Suhardi Alius; dan Kepala BNN, Komjen Heru Winarko.

Baca juga : Irjen Firli: Pekerjaan Tidak Dilihat Dari Waktu

Di posisi tersebut, Firli tak akan lama. Sebulan lagi, dia bakal dilantik jadi ketua KPK. Saat menjadi ketua KPK nanti, Firli harus mundur dari jabatan struktural di Polri.

Meski begitu, Firli menegaskan, pekerjaan tak hanya dilihat dari segi waktu. “Tetapi bagaimana kita melakukan sesuatu melalui proses dan hasil,” ujarnya, usai pelantikan. Firli kemudian bicara soal tugas pokok Kabaharkam, yakni melaksanakan terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat. “Ke depan kita akan menghadapi Pilkada serentak kurang lebih 270 daerah. Untuk itu, tentunya Baharkam selaku pelaksana utama Kapolri harus melakukan tugas ter sebut sesuai dengan arahan Pak Kapolri,” beber Firli.

Sebagai Kabaharkam, dia akan fokus mengamankan persiapan Pilkada 2020. Polri juga sudah memetakan daerah rawan dalam Pilkada serentak nanti. “Setiap Pilkada ada kerawanan mulai dari logistik, kampanye, pemungutan suara, penetapan suara, tahap siapa yang terpilih atau tidak sampai tahap mungkin ada mengajukan gugatan di MK,” tuturnya.

Soal pelantikannya sebagai ketua KPK, Firli enggan menanggapi. “Saya belum bisa bicara kalau soal KPK. Karena hari ini saya masih Kabaharkam. Kita fokus dulu kepada Kabaharkam,” tandasnya.

Baca juga : Dilantik Jadi Ketua Komisi XI, Dito Langsung Tancap Gas

Kadiv Humas Polri, Irjen M Iqbal, menyebut, jabatan itu diberikan lantaran Firli dianggap berprestasi sejak menjadi taruna Akpol.

“Beliau komandan resimen korps taruna dari tingkat 1 sampai 4. Hampir 1.000 lebih taruna yang di-manage di Akpol. Sudah terlihat kepemimpinan dan kecerdasan beliau,” ungkap Iqbal usai sertijab.

Selain itu, rekam jejak Firli sebagai Kapolres dan Kapolda dianggap bagus dan tanpa cela. Maka, jabatan Kabaharkam, yang diikuti dengan kenaikan bintang tiga, menjadi reward atau hadiah bagi Firli.

“Pimpinan sangat tepat memberikan reward kepada Pak Firli menjadi Kabaharkam yang konsekuensinya tidak berapa lama lagi akan naik menjadi bintang tiga,” bebernya.

Baca juga : Masuk Istana, Bahlil Belum Tahu Ditunjuk Jadi Menteri Apa

Bagaimana jika Firli dilantik sebagai ketua KPK bulan depan? Iqbal bilang, korps baju cokelat akan mengikuti mekanisme yang berlaku.

“Ini kan baru dilantik. Biarkan beliau fokus mela kukan upaya Harkamtibmas,” tutupnya.

Warganet menanggapi diangkatnya Firli sebagai Kabaharkam. Sebagian besar, positif. “Mantap, Irjen Firli sudah jadi Ketua KPK, jadi Kabaharkam bakal jadi Komjen, bintang tiga, dapat durian runtuh,” cuit @AlsNugrahaa.

Hal yang sama dicuit @YaniFakhrudin. “Yah... Desember dilantik ketua KPK, strategi wanjakti menjadikan bintang 3 di posisi yang sekarang dan di KPK nantinya setara bintang 4, ada dua mabes yang hampir mirip,” kicau dia. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.