Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Besok Jokowi Teken Tiga Kesepakatan Dengan Presiden Korsel

Minggu, 24 November 2019 20:27 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana nyantai di sebuah kafe di Gamcheon Cultural Village, Busan, Korsel, Minggu. Foto: Twitter @jokowi
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana nyantai di sebuah kafe di Gamcheon Cultural Village, Busan, Korsel, Minggu. Foto: Twitter @jokowi

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kunjungan kerja di Korea Selatan, Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri 12 pertemuan pada hari Senin (25/11) hingga Selasa (26/11).

Menlu Retno Marsudi yang ikut mendampingi Presiden Jokowi mengatakan, kunjungan kerja Presiden ke Korsel ditujukan untuk dua hal. “Yang pertama, untuk menghadiri KTT ASEAN-Republik of Korea (Korsel). Ini merupakan KTT untuk memperingati 30 tahun hubungan ASEAN dengan RoK. Yang kedua, tentunya akan ada acara bilateral antara Bapak Presiden dengan Presiden Moon Jae-in yang akan dilakukan esok hari,” kata Menlu di Lotte Hotel, Busan, Korsel, Minggu (24/11) pukul 18.30 Waktu Setempat.

Menurut Menlu Retno Marsudi, dari 12 pertemuan yang akan dihadiri Presiden Jokowi selama di Korsel, 6 (enam) pertemuan dilakukan pada Senin (25/11) dan 6 (enam) lagi dilakukan pada Selasa (26/11).

Baca juga : Menteri Keuangan Manjakan Investor

Untuk besok, agenda pertama Presiden Jokowi adalah menghadiri pertemuan dengan para ilmuwan dan peneliti Indonesia di Korsel. Kedua, Presiden akan meninjauan pameran inovasi pelayanan publik dimana Indonesia berpartisipasi di dalam pameran tersebut. Ketiga, Presiden akan hadir di dalam ASEAN-RoK CEO Summit, dan menjadi keynote speaker untuk sesi yang pertama.

Setelah itu Presiden akan melakukan working luncheon dengan beberapa CEO terpilih dari Korea Selatan. Selanjutnya acara Presiden adalah pertemuan bilateral dengan Presiden Moon Jae-in yang akan diikuti dengan menyaksikan penandatanganan kesepakatan.

“Ada 3 kesepakatan yang akan ditandatangani di depan kedua Presiden. Yang pertama, adalah mengenai selesainya negosiasi konferensi ekonomi partnership antara Indonesia dengan RoK. Yang kedua, adalah bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan dinas. Dan yang ketiga, adalah MoU mengenai Technical Cooperation on the Construction of the Relocated Capital and Development,” terang Menlu.

Baca juga : Cari Inovasi Out of The Box, Jokowi Rekrut 7 Milenial Jadi Stafsus Presiden

Adapun acara Presiden Jokowi besok yang akan disertai Ibu Negara pada malam harinya yaitu Welcoming Dinner untuk acara KTT.

Untuk Selasa (26/11), kata Menlu Retno, akan ada juga enam acara yang dilakukan Presiden. Yaitu 3 sesi dalam konteks ASEAN Summit, ASEAN-RoK Summit.

“Sesi pertama akan berbicara mengenai ASEAN-RoK 30 and 30. Di situ para pemimpin akan membahas mengenai evaluasi 30 tahun kerja sama ke belakang dan apa yang akan dilakukan dan akan diinginkan oleh para pemimpin untuk kerja sama 30 tahun mendatang. Yang kedua, sesi mengenai masalah connectivity. Dan yang ketiga, adalah sesi yang akan membahas mengenai masalah situasi regional,” jelas Menlu.

Baca juga : Jokowi Terima Surat Kepercayaan Dari 14 Negara Sahabat

Selain itu, Presiden akan melakukan beberapa peninjauan antara lain ASEAN-RoK Startup Summit. Kemudian, ASEAN-RoK Innovation Showcase 2019, dan Presiden juga akan melakukan kunjungan ke Hyundai di Ulsan. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.