Dark/Light Mode

USBN Dikembalikan ke Sekolah, Kompetensi Siswa Bisa Terukur Maksimal

Rabu, 11 Desember 2019 11:18 WIB
USBN Dikembalikan ke Sekolah, Kompetensi Siswa Bisa Terukur Maksimal

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim berencana mengembalikan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) kepada pihak sekolah.

Hal ini ditegaskan dalam pertemuan bersama kepala dinas di Jakarta, Rabu (11/12).

"USBN akan dikembalikan pada esensi Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), dikembalikan ke sekolah. Termasuk, menentukan kelulusannya sendiri," ujar Nadiem.

Baca juga : KBRI Paris Dorong Pengembangan Kompetensi dan Keahlian Siswa SMK

USBN yang selama ini diselenggarakan dengan model tes pilihan ganda, dinilai tidak optimal dalam mengukur kompetisi dasar siswa.

Dalam pola USBN yang baru, Nadiem berharap kompetensi siswa dapat terukur lebih maksimal. Ujiannya bisa dalam bentuk tes tertulis, atau bentuk penilaian lainnya yang lebih komprehensif seperti portofolio dan penugasan (tugas kelompok, karya tulis, dan sebagainya).

Dengan cara itu, guru dan sekolah bisa lebih merdeka dalam menilai hasil belajar siswa.

Baca juga : Di Mobil Edukasi Pilah Sampah, Botol Plastik Bisa Ditukar Sembako

Sementara anggaran USBN, dapat dialihkan untuk mengembangkan kapasitas guru dan sekolah, demi meningkatkan kualitas pembelajaran.

Meski demikian, Nadiem tidak memaksa sekolah untuk menerapkan perubahan pola USBN tersebut pada tahun ini.

"Kalau mau menggunakan format USBN yang lama dipersilahkan. Yang melakukan perubahan atau penilaian secara holistik, diperbolehkan," jelasnya.

Baca juga : Jangan Sepelekan Cedera Kaki, Salah Penanganan Bisa Memperburuk Keadaan

"Kepala dinas yang sudah menganggarkan dananya untuk USBN, bisa digunakan untuk peningkatan kapasitas guru," imbuh Nadiem. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.