Dark/Light Mode

Jangan Sepelekan Cedera Kaki, Salah Penanganan Bisa Memperburuk Keadaan

Kamis, 28 November 2019 21:01 WIB
dr. Langga Sintong, Sp. OT sedang menjelaskan cerdera di kaki. (Foto: Istimewa)
dr. Langga Sintong, Sp. OT sedang menjelaskan cerdera di kaki. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kaki merupakan bagian tubuh yang lebih sering terluka dibandingkan lengan. Sayangnya, cedera kaki sering disepelekan penangannya. Bahkan banyak yang lebih memilih untuk ke tukang urut. Padahal, hal itu berpotensi membuat cedera makin memburuk.

Dokter spesialis bedah otropedi Siloam Hospital Kebon Jeruk, Langga Sintong, Sp. OT menjelaskan kalau cedera kaki baik pada pergelangan kaki, kaki maupun telapak kaki dapat berdampak besar dan menghambat produktivitas seseorang karena kaki merupakan tumpuan beban tubuh seseorang.

Baca juga : Informatif, Kemenparekraf Dapat Penghargaan Keterbukaan Informasi

Sports, Shoulder, & Spine Clinic yang dikembangkan Siloam Hospital Kebon Jeruk (SHKJ) bisa memberikan pelayanan yang lebih optimal bagi berbagai macam permasalahan tulang dan sendi khususnya yang berhubungan dengan cedera olahraga, kaki, pergelangan kaki.

Cedera pergelangan kaki terkadang bisa menyebabkan robeknya ligamen (pengikat tulang) sehingga dapat menyebabkan nyeri yang berkepanjangan di kemudian hari.

Baca juga : Top, Palembang Ke Lampung Bisa Ditempuh 3 Jam

Pada kasus fraktur, luka yang dibiarkan terlalu lama dapat juga menyebabkan infeksi dan jika parah bisa berakibat amputasi.

“Penanganan yang tidak tepat dapat memperburuk keadaan. Faktanya, tidak semua cedera harus diselesaikan dengan cara operasi. Kebanyakan orang takut akan pembedahan bahkan amputasi, padahal belum tentu. Jika memang harus menjalani pembedahan, maka hal tersebut adalah solusi terbaik,” ujar dr. Langga.

Baca juga : Garuda dan Sriwijaya Cerai, BKS Panggil Keduanya Hari Ini

Ia melanjutkan, memahami kompleksnya cedera pada tulang, Sports, Shoulder, & Spine Clinic SHKJ dengan berbagai dokter spesialis dan konsultan di bidang sports (olahraga), shoulder (bahu), spine (tulang belakang), dan foot & ankle.

“Diharapkan dengan memperdalam ilmu di bidang masing- masing dengan spesifik, tim Sports, Shoulder, & Spine Clinic akan memberika soslusi terbaik untuk permasalahan tulang dan sendi khususnya yang berhubungan dengan cedera olahraga, kaki, pergelangan kaki, bahu, dan tulang belakang,” ujarnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.