Dark/Light Mode

Diresmikan Jokowi, Tol Layang Japek Gratis Sampai Tahun Baru

Kamis, 12 Desember 2019 15:40 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Tol Jakarta Cikampek II Elevated. (Foto: ist)
Presiden Jokowi meresmikan Tol Jakarta Cikampek II Elevated. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Kehadiran tol layang ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan.

"Alhamdulillah pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated rampung dan segera bisa kita manfaatkan. Banyak keluhan masyarakat karena saya kalau sudah lewat yang namanya Cikampek atau Japek macetnya bisa berjam-jam. Kita harap dengan selesainya Jakarta-Cikampek II Elevated, persoalan itu sudah tak kita dengar lagi," kata Jokowi saat peresmian Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Kamis (12/12).

Turut hadir dalam acara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Desi Arryani.

Baca juga : Siang Ini, Jokowi Bakal Resmikan Tol Layang Japek

Eks Wali Kota Solo itu menilai, jalan tol sepanjang 38 kilometer (km) itu diharapkan mengurangi kemacetan sekitar 30 persen di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang sudah ada. Dengan begitu, pengendara untung, karena penggunaan BBM bisa jauh lebih hemat karena tidak ada kemacetan. 

Menurut Jokowi, jalan tol layang Jakarta-Cikampek akan digratiskan sampai dengan libur Natal dan Tahun Baru 2020. “Dan ini tadi saya sudah bertanya ke pemilik akan digratiskan sampai nanti tahun baru,” ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga memberikan apresiasi khusus terutama kepada PT Jasamarga Jalan layang Cikampek (JJC) yang telah menyelesaikan proyek ini tepat waktu. Jokowi melihat proses pembangunan Tol Layang Japek sangat sulit dan rumit.

Baca juga : Kakorlantas: Tol Layang Japek Siap Dioperasikan Pekan Depan

"Saya beri penghargaan apresiasi dengan selesainya pembangunan jalan tol ini saya tahu prosesnya segitu rumit. Jalan yang ada tetap harus dibuka dan berjalan, di dekatnya ada pembangunan LRT, kereta cepat, sehingga bukan sesuatu yang gampang untuk diselesaikan karena di tengah lalu lintas padat," tuturnya.

Sekedar informasi, tol layang ini berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat. Jalan tol ini memiliki jalur sepanjang 36,4 km.

Proyek pembangunan Japek Elevated ini dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk bersama PT Acset Indonusa Tbk (Kerjasama Operasi) dengan biaya konstruksi sebesar Rp 11,69 triliun. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.