Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Siang Ini, Jokowi Bakal Resmikan Tol Layang Japek

Kamis, 12 Desember 2019 11:13 WIB
Tol Layang Jakarta-Cikampek (Foto: Humas PUPR)
Tol Layang Jakarta-Cikampek (Foto: Humas PUPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju - antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri BUMN Erick Thohir - dijadwalkan meresmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek), Kamis (12/12) pukul 13.00 WIB.

Jalan Tol Layang Japek ini diharapkan bisa mengurai kepadatan lalu lintas pada masa liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Sebelumnya, pada Rabu (11/12) malam, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, tol layang Japek telah siap dan dapat diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Baca juga : SBY Hargai Inisiatif Jokowi Bangun Ibu Kota Baru

Menurut Basuki, pekerjaan yang tersisa hanya tinggal tahap finishing. Menghaluskan bagian sambungan jembatan (expansion joint), dan melengkapi rambu/marka jalan.

"Ada 26 expansion joint yang akan dihaluskan, finishing-nya tinggal untuk menambah kenyamanan. Tadi, kita sudah coba 80 km per jam, masih cukup nyaman. Itu kecepatan maksimum di jalan tol ini," ungkapnya.

Usai diresmikan Presiden Jokowi, jalan tol tersebut baru akan dibuka untuk umum sekitar 2-3 hari kemudian, untuk memastikan kesiapan kebersihan dan kelengkapan rambu jalan.

Baca juga : Tak Kasih Waktu Lagi, Jokowi Minta Kapolri Segera Umumkan Kasus Novel

"Lebih cepat lebih baik. Sebelum tanggal 20 Desember 2019, kami pastikan sudah bisa dipakai untuk umum, tanpa tarif hingga libur Tahun Baru 2020," ucapnya.

Jalan Tol Layang Japek (Foto: BKIP Kemenhub)

Pembangunan tol sepanjang 36.4 km ini termasuk proyek tol yang paling kompleks, karena terletak di jalur nadi ekonomi Indonesia yang melayani kawasan permukiman dan industri yang padat.

Posisi struktur Tol Layang Japek didesain seoptimum mungkin, namun tetap memenuhi standar geometrik. Tujuannya, agar dimensi pondasi dan pier/tiang tidak terlalu besar, mengingat ruang yang tersedia di median jalan tol eksisting di bawahnya terbatas.

Baca juga : Ini PR Dari Jokowi, Buat Ahok dan Nicke

Ketinggian rata-rata jalan tol layang ini 7 – 8 m dari elevasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting. Namun, terdapat penyesuaian ketinggian di beberapa titik pada perlintasan dengan jalan lokal dan jalan tol eksisting.

Alinyemen vertikal jalan tol ini telah didesain memenuhi persyaratan geometrik dan keselamatan jalan, dengan desain kecepatan rencana 80 km/jam. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.