Dark/Light Mode

Mulai Aktif

Posko ESDM Pelototi Kelangkaan BBM

Rabu, 18 Desember 2019 22:09 WIB
Ilustrasi masyarakat Bulukuma antre bensi. Foto: Twitter @BayuPrathadaya
Ilustrasi masyarakat Bulukuma antre bensi. Foto: Twitter @BayuPrathadaya

RM.id  Rakyat Merdeka -
Tim Posko Nataru Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi dibuka hari ini. Tugasnya, memelototi kemungkinan langkanya BBM subsidi di momen Natal dan Tahun Baru ini. 

Tim Posko ini beranggotakan Unit eselon I di lingkungan Kementerian ESDM dan badan usaha di bidang penyediaan BBM, gas, dan ketenagalistrikan.

Menurut Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa, posko tersebut menjalankan fungsinya untuk mengawasi dan mengantisipasi kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM), khususnya BBM Bersubsidi dan BBM Penugasan.

Baca juga : Juliari Batubara, Politikus PDIP Pertama Yang Dipanggil Jokowi

Posko Nataru ESDM selanjutnya akan bertugas mengumpulan/inventarisasi data lapangan, koordinasi dan pengawasan terhadap fasilitas penyediaan dan pendistribusian BBM, gas dan listrik dan daerah rawan bencana serta titik konsentrasi arus aktifitas dan tempat wisata.

"Selain mengurusi masalah migas dan LPG, Posko Nataru juga akan mengurusi masalah geologi. Urusan terjadi masalah longsor, juga masuk didalam pengawasan Posko Nataru juga, "pungkas Fanshurullah.

Periode Pelaksanaan Posko Nasional Sektor ESDM akan berlansung selama 22 hari yaitu H-7 dan H+14 Natal. Sejak 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020 yang terbagi dalam 2 shift yaitu shift I pukul 10.00 s.d 17.00 WIB dan shift II pulul 15.00 s.d 20.00 WIB.

Baca juga : Cukai Rokok Naik 23 Persen, Perokok Kere Simalakama

Tim Posko Nataru bertempat di ruang War Room Gedung BPH Migas Lantai 5 terhubung dengan Pusat Komando dan Kendali (Puskodal) kantor pusat PT. Pertamina (Persero) dan MOR 1 s.d 8 PT. Pertamina (Persero) melalui video conference sehingga apabila ada kendala dalam penyaluran BBM di daerah dapat segera teratasi.

Pembentukan Posko Nataru merupakan upaya pemerintah untuk menjamin penyediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak, Gas, Listrik dan antisipasi kebencanaan Geologi guna mendukung kelancaraan pelaksanaan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. [KRS]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.