Dark/Light Mode

Kampanye Inklusif

Jokowi Sehati Dengan SBY

Selasa, 9 April 2019 11:47 WIB
Capres 02 Prabowo saat sedang berorasi di Kampanye Akbar, Minggu (7/4) di Gelora Bung Karno (GBK). (Foto: Ng. Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka).
Capres 02 Prabowo saat sedang berorasi di Kampanye Akbar, Minggu (7/4) di Gelora Bung Karno (GBK). (Foto: Ng. Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Urusan kebhinekaan, Jokowi dengan SBY sehati. Keduanya sepakat kampanye politik harus inklusif. Jangan menonjolkan politik identitas.

“Saya sepakat sekali setiap kampanye itu yang dikemukakan kebhinekaan, keberagaman dan yang penting adalah kesatuan kita sebagai negara,” ujar Jokowi saat kampanye terbuka di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (8/4).

Pernyataan Jokowi ini merespons surat peringatan yang disampaikan SBY kepada petinggi Partai Demokrat terkait kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (7/4).

Baca juga : Kampanye Di NTT, Jokowi Janji Bangun 7 Bendungan

SBY menulis surat kepada elite Demokrat sehari sebelum kampanye Prabowo. Di awal pesannya, SBY, mengaku mendapat informasi yang mengandung kebenaran mengenai kampanye akbar Prabowo-Sandi di GBK.

SBY menyebut kampanye itu mengandung unsur ketidaklaziman. Dalam suratnya, SBY juga menyoroti agar politik identitas tidak digunakan, karena bisa memecah belah rakyat.

Saran SBY, disampaikan kepada kadernya satu hari sebelum kampanye akbar. “Saya kira memang seperti itu, payung yang bagus untuk mengingatkan kita semuanya bahwa kontestasi politik ini ada setiap lima tahun. Jangan mengorbankan kesatuan kita, persatuan, persaudaraan, kerukunan,” tegas Jokowi.

Baca juga : Kemeja Jokowi Lepek

Sejak awal kampanye, mantan Wali Kota Solo itu selalu mengusung kampanye yang tidak berbau SARA dan politik identitas.

Sejak awal saya tunjukkan itu keberagaman, kebhinekaan dalam seni budaya, karnaval. Saya kira memang kita hindari politik identitas, politik SARA,” ucap Jokowi.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengatakan, kampanye akbar, Minggu (7/4), dianggap inklusif dan mengakomodir kebhinekaan. Pesan SBY, menurut dia, sudah didengar dan dilakoni baik oleh Prabowo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.