Dark/Light Mode

Literasi Pranikah, Kemenpora Gandeng Pelajar Muhammadiyah

Sabtu, 21 Desember 2019 17:48 WIB
Deputi Kemenpora Asrorun Niam Soleh. (Foto : Istimewa)
Deputi Kemenpora Asrorun Niam Soleh. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memberi nafkah hanya salah satu bagian kecil pembagian tugas rumah tangga dan tak serta merta selesai tanggung jawab. Pengasuhan anak, pendidikan dan kesehatan adalah hal lain yang harus diperhatikan pemimpin rumah tangga.

Demikian disampaikan Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Niam Sholeh di hadapan ratusan peserta Pendidikan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) Pemuda Muhammadiyah di acara "Penguatan Kesehatan Reproduksi Pemuda" di Pusat Dakwah Muhammadiyah Menteng Jakarta (21/12).

Baca juga : Dipastikan Kementan, Pasokan dan Harga Cabe Jelang Nataru Stabil

"Banyak hal yang harus dipersiapkan. Tidak hanya soal menafkahi. Yang lebih penting adalah menyiapkan keturunan yang berkualitas, termasuk terkait pendidikannya," kata Niam Soleh.

Karena itu, Niam mengajak pemuda dan pelajar Muhammadiyah mempersiapkan segalanya sebelum membangun rumah tangga harus jadi perhatian.

Baca juga : Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Badminton Pelajar Asia 2021

"Cepat atau lambat fase pernikahan akan dilalui. Persiapan harus dilakukan. Kegiatan ini dalam upaya penguatan dan pematangan sebagai pemimpin individu," ujar Niam.

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah Hafizh Syafa’aturrahman menekankan organisasi untuk melaksanakan kegiatan yang mengangkat isu yang dekat dengan anak muda seperti persiapan pernikahan, kesehatan remaja, kesehatan reproduksi, bahaya NAPZA dan berbagai pemecahan problematika remaja lainnya.

Baca juga : CIMB Niaga Syariah Fasilitasi Layanan Perbankan PP Muhammadiyah

Kegiatan ini merupakan seri ke-9 dari 13 lokasi. Dimaksudkan untuk penguatan kesehatan reproduksi pemuda, literasi hukum perkawinan, perlindungan anak dan pengasuhan berkualitas dan psikologi pemuda.

Acara diikuti oleh ratusan kader IPM dari Jabodetabek dan berbagai daerah seperti Garut dan Serang. Bertindak sebagai narasumber antara lain Rita Pranawati (Wakil Ketua KPAI Pusat), Rosdiana (Akademisi UIN Jakarta), Prihayati (Fak Ilmu Kesehatan UHAMKA Jakarta), Desri Astuti (Praktisi Kesehatan). [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.