Dark/Light Mode

Pilih Calon Direksi, Kementerian BUMN Gandeng PPATK

Jumat, 13 Desember 2019 21:47 WIB
Gedung PPATK di Jakarta (Foto: Istimewa)
Gedung PPATK di Jakarta (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian BUMN menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam proses seleksi calon direksi, yang akan duduk di sejumlah BUMN.

"Kalau BUMN baru terakhir ini dimintakan kepada kita," kata Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin dalam Refleksi Akhir Tahun di Jakarta, Jumat (13/12).

Baca juga : Kembangkan Hortikultura, Kementan Gandeng Pemkab Grobogan

Ditanya siapa saja calon direksi BUMN yang akan ditelusuri aktivitas keuangannya, Kiagus Ahmad hanya menjawab singkat. "Iya pokoknya ada.Sudah diminta sama Meneg BUMN (Erick Thohir, Red)," ujarnya, tersenyum.

Penelusuran transaksi keuangan yang dilakukan PPATK meliputi pola-pola transaksi, yang selama ini dilakukan oleh calon pejabat publik tersebut. "Kalau tiap bulan dia terima (aliran dana) di luar karakteristik profil dia, maka kita laporkan dalam TKM (transaksi keuangan mencurigakan)," jelas Kiagus Ahmad.

Baca juga : Top, Kementerian ESDM Jadi Pengelola LHKPN Terbaik 2019

Meski begitu, laporan tersebut harus dianalisis terlebih dahulu karena kemungkinan dana tersebut berasal dari hasil investasi dari dana sebelumnya. Yang penting, didasarkan pada sumber yang jelas. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.