Dark/Light Mode

Dirasakan Banyak Manfaat

Tol Laut Ditambah 26 Trayek

Kamis, 5 Maret 2020 23:12 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat menghadiri Ratas di Kantor Presiden, Kamis (5/3). Foto: Setkab
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat menghadiri Ratas di Kantor Presiden, Kamis (5/3). Foto: Setkab

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan tol laut dirasakan sangat banyak manfaatnya. Sehingga trayeknya akan ditambah jadi 26.

Hal ini diutarakan Luhut saat memberikan keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas terkait Akselerasi Tol Laut di Kantor Presiden, Kamis (5/3).

Baca juga : Bank Mega Kantongi Laba Rp 2,5 Triliun

Selain itu, lanjut Luhut, pemerintah memutuskan memberi tax allowance dan tax holiday lebih panjang kepada investor yang membangun industri-industri di Indonesia Timur.

"Sehingga jangan terlalu banyak barang dari Jawa diangkut ke sana lagi karena cost,” jelas Luhut.

Baca juga : Permak Stadion Manahan Solo Habiskan Rp301 miliar

Menurut Luhut, angka subsidi untuk pengiriman barang dari Indonesia Barat ke Indonesia Timur tahun ini mencapai Rp 400-an miliar.

Menurutnya, subsidinya ini tidak hanya dari port ke port tapi juga sampai kepada penerima.

Baca juga : Underpass Kemayoran Banjir Lagi, Tak Dapat Dilintasi Semua Jenis Kendaraan

Yang terakhir, lanjut Luhut, pemerintah akan menunjuk agen distribusi barang tol laut yang lebih banyak. ”Paling tidak 2 atau 3, sehingga dengan demikian tidak ada nanti monopoli oleh satu perusahaan,” pungkasnya. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.