Dark/Light Mode

Erick Thohir Pastikan, RS Darurat Covid-19 Sudah Mulai Beroperasi Senin Besok

Minggu, 22 Maret 2020 12:55 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pada hari ini, Menteri BUMN Erick Thohir memastikan, RS Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran sudah mulai beroperasi pada Senin (23/3) besok.

Wisma Atlet Asian Games Kemayoran di Jakarta Utara yang dalam empat hari terakhir “disulap” menjadi rumah sakit ini, merupakan hasil kerja sama berbagai pihak. Termasuk, swasta. 

Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat (Foto: Istimewa)

Erick Thohir menegaskan, BUMN akan menyuplai kebutuhan-kebutuhan RS Darurat Penanganan Covid-19 ini. Baik peralatan kesehatan, obat-obatan, alat pelindung diri dan masker.

Baca juga : GAMKI: Siapkan Pendeteksi Covid-19 dan Alat Sterilisasi Portabel di Fasilitas Publik

"Selain itu, untuk kebutuhan komunikasi, kami juga sudah menyiapkan jaringan telekomunikasi hingga 500 MB," kata Erick dalam keterangan tertulis yang diterima RMco.id, Minggu (22/3).

Dalam pelaksanaannya, RS Penanganan Darurat Covid-19 ini, akan dibagi dalam 3 zona :

1. Zona Hijau: Tower 1, akan diisi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Hanya orang yang berkepentingan yang bisa memasuki daerah ini.

Baca juga : RS Darurat Covid-19 Kebut Dikerjakan, Tim Medis Sudah Mulai Masuk

2. Zona Kuning: Tower 3, akan diisi oleh Dokter, Perawat dan Petugas Paramedis lainnya.

3. Zona Merah: Tower 6-7, adalah RS Darurat Penanganan Covid-19. Hanya mereka yang menggunakan APD lengkap yang bisa masuk ke zona ini selain pasien. Dokter-dokter yang akan bekerja di sini merupakan gabungan dokter dari berbagai instansi, dari Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, BUMN dan lain-lain.

“Percayalah, kalau kita semua mau bersatu, Insya Allah apa pun bisa kita lalui dengan baik. Saya apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang sudah bergerak cepat, dalam membantu pemerintah mewujudkan RS Darurat ini. Semoga, upaya kita semua ini diridhoi Yang Maha Kuasa dan dapat menekan lajunya pandemi Covid-19 di Indonesia. Insya Allah selalu ada jalan,” tutup Erick. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.