Dark/Light Mode

Kondisi 2 Pasien Baru Covid-19 Stabil, Tidak Diinfus dan Sadar Penuh

Minggu, 8 Maret 2020 16:57 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Virus Corona (Covid-19) Achmad Yurianto, saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (8/3). (Foto: M Ade Alkautsar/RM)
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Virus Corona (Covid-19) Achmad Yurianto, saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (8/3). (Foto: M Ade Alkautsar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Datang didampingi Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Triadi Machmudin, raut wajah Juru Bicara untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto tegang.

Ia kembali membawa kabar buruk. WNI yang terkonfirmasi positif virus Covid-19 bertambah 2 lagi. Jam menunjukkan pukul 16.08 WIB. Pria yang akrab disapa Yuri itu langsung bergegas menuju podium Media Center Covid-19.

Sejenak, ia membenarkan posisi kacamata lalu mengetes suara mikrofon.

Baca juga : Kalau Hasil Lab Akhir Negatif, Pasien 1 dan 2 Boleh Pulang

"Singkat saja, hari ini dari pemeriksaan laboratorium bertambah lagi 2 kasus positif," kata Yuri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (8/3).

Mendengar itu, beberapa wartawati yang terkejut spontan menjerit histeris.

"Korban yang diberi nama kasus 05, berusia 55 tahun, berjenis kelamin laki-laki. Ini adalah hasil pemeriksaan lanjutan dari klaster Jakarta," ungkapnya.

Baca juga : Cegah Banjir, Tri Sidak Keliling Medan Satria Bekasi

Sekitar pukul 11.30 WIB, pasien 05 masih berstatus suspect Corona. Namun sorenya, langsung dinyatakan positif.

"Tadi saya sudah dapat data laboratoriumnya, bahwa yang bersangkutan terkonfirmasi positif Covid-19," ujar Yuri.

Pasien kedua adalah laki-laki 36 tahun. Pasien positif Corona yang diberi nama kasus 06 ini berstatus imported case. Virusnya didapatkan dari Jepang, saat ia bekerja sebagai ABK Kapal Pesiar Diamond Princess.

Baca juga : Kebal Coronanya, Tidak Ekonominya

Saat ini, keduanya dirawat di rumah sakit terpisah. Pasien 05 dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jakarta Utara, pasien 06 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Jakarta Timur. Kondisinya baik.

"Dua-duanya stabil, tidak membutuhkan oksigen. Tidak diinfus, sadar penuh, tidak demam, tidak batuk dan tidak pilek," tutup Yuri. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.