Dark/Light Mode

Jokowi Perintahkan Tito Tegur Kepala Daerah yang Blokir Jalan

Kamis, 2 April 2020 12:43 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi tidak merestui langkah sejumlah kepala daerah yang melakukan pemblokiran jalan. Sebab, langkah tersebut menganggu distribusi logistik.

Atas hal itu, Presiden pun memerintahkan Mendagri Tito Karnavian untuk menegur para kepala daerah yang melakukan pemblokiran tersebut. Jokowi ingin distribusi logistik tidak terganggu di tengah wabah Covid-19.

Baca juga : Kemenhub Berikan Rekomendasi ke Daerah yang Akan Lakukan PSBB

"Saya harapkan Mendagri memberi teguran kepada daerah yang blokir jalan-jalannya. Agar urusan distribusi logistik ini tidak terganggu," tegas Jokowi dalam Rapat Terbatas (Ratas) persiapan bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, lewat video conference, dari Istana Bogor, Kamis (2/4). 

Sebelumnya, Jokowi mendapat mendapat laporan mengenai terganggunya distribusi logistik di dua daerah akibat adanya pemblokiran jalan. Jokowi tidak menyebut dua daerah yang dimaksud. Dia hanya menegaskan, akibat penutupan jalan tersebut, stok beras di dua daerah sempat mengalami kelangkaan. 

Baca juga : Jokowi Pastikan, RS Darurat Covid-19 di Pulau Galang Bisa Dipakai Senin Depan

Jokowi tidak mau kondisi ini terulang. Sebab, bisa membuat masyarakat di daerah itu susah. Makanya, dia minta Mendagri segera bersikap. "Tolong Pemda diberitahu mengenai hal ini," tegasnya lagi.

Jokowi menegaskan, dalam pandemi virus Covid-19 ini, memang Pemda dibolehkan melakukan Pembahasan Sosisial Skala Besar. Tapi, di saat yang sama, Pemerintah harus tetap memastikan bahwa kebutuhan pokok rakyat tersedia di pasaran. Apalagi, sebentar lagi akan memasuki Ramadhan kemudian disusul Idul Fitri. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.