Dewan Pers

Dark/Light Mode

Romo Benny Ajak Galang Dana Corona Di Medsos

Kamis, 2 April 2020 19:51 WIB
Romo Benny Susetyo
Romo Benny Susetyo

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah pandemi corona, Rohaniawan Katolik, Romo Benny Susetyo mengajak masyarakat untuk menjaga solidaritas sosial terhadap korban yang terpapar virus covid-19 . 

Salah satunya, adalah melakukan penggalangan dana bagi yang terkena dampak ekonomi akibat terinfeksi virus corona melalui media sosial.

Berita Terkait : 3,6 Juta Warga Jakarta Yang Terdampak Corona Dapat Bansos

"Dibutuhkan kreavitas dan solidaritas sosial yang didukung oleh peran media sosial dan network sangat penting untuk membantu saudara kita menghadapi krisis ekonomi bagi yang tidak memperoleh pendapatan," ujar Romo kepada RMco.id, Kamis (2/04).

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), ini menyatakan, berbagai kreativitas perlu diwujudkan. Sebab, banyak pekerja harian yang tak beruntung masa ini dan butuh uluran tangan.

Berita Terkait : BI Beberkan Langkah-langkah Terkini Hadapi Corona

Misalnya, dengan gerakan solidaritas sosial berbasis komunitas. Misalnya, setiap RT dan RW membuat bank pangan sebagai gerakan swasembada pangan untuk wilayah terkecil.

"Ini sangat efektif menghadapi kesulitan ekonomi. Bank pangan nantinya, memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Selain itu, kreativitas lain dengan menamam sayuran, cabe, tomat di pekarangan kosong di lingkungan," terangnya.

Berita Terkait : Baznas Gelar Cash For Work

Selain lingkaran di lingkungan terkecil, jaringan sosial yang lebih besar lainnya bisa dijadikan network untuk saling berbagi dalam memenuhui kebutuhan pokok.

"Kesadaran untuk mewujudkan kesetiakawan dan gotong royong adalah wujud dari aktualisasi nilai Pancasila," tandasnya. [FAQ]