Dark/Light Mode

Peserta Terbatas, Sidang Isbat Ramadhan 1441 H Digelar Online

Minggu, 5 April 2020 17:46 WIB
Ilustrasi memantau posisi hilal menentukan awal Ramadhan.
Ilustrasi memantau posisi hilal menentukan awal Ramadhan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agama akan mengadakan sidang isbat untuk menetapkan awal Ramadhan 1441 H dengan menggunakan video konferensi, pada Kamis, (23/04).

Hasil sidang isbat akan diumumkan oleh Menteri Agama, Fachrul Razi melalui jumpa pers. 

Pengumuman sidang isbat Ramadhan 1441 H ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pembinaan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin melalui siaran pers, di Jakarta Minggu (5/04). 

Baca juga : Kejaksaan Sidangkan 10 Ribu Perkara Melalui Online

"Peserta sidang isbat terbatas.  Selebihnya, secara video konferensi," kata Kamaruddin.

Adapun peserta yang datang, yakni perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI), perwakilan DPR, dan perwakilan Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Lalu, pejabat eselon I dan II yang diundang juga hanya dari Direktorat Jenderal Pembinaan Masyarakat Islam saja. Sementara undangan lainnya bisa mengikuti melalui saluran komunikasi daring yang disiapkan Kementerian Agama.

Baca juga : Jokowi Beri Arahan Hadapi Ramadhan Dan Lebaran, Ini Isinya

Ia mengatakan, sidang isbat dengan menggunakan video konferensi merupakan upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. "Sidang akan dimulai sebelum magrib, diawali paparan posisi hilal awal Ramadhan 1441 H," terangnya.

Setelah maghrib di Jakarta, sidang penetapan awal Ramadhan akan diadakan tertutup. Hasilnya, akan diumumkan oleh Menteri Agama, Fachrul Razi melalui jumpa pers. [FIK] 


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.