Dark/Light Mode

Alhamdulillah, Bantuan PCR Test Kit dari Korsel Sudah Datang Lagi

Jumat, 24 April 2020 15:05 WIB
RT-PCR test kits dari pemerintah Korea Selatan untuk Indonesia,  Jumat (24/4). (Foto: KBRI Seoul)
RT-PCR test kits dari pemerintah Korea Selatan untuk Indonesia, Jumat (24/4). (Foto: KBRI Seoul)

RM.id  Rakyat Merdeka - KBRI Seoul dan Garuda Indonesia telah memfasilitasi pengiriman bantuan berupa RT-PCR test kit atau alat tes corona dari pemerintah Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia, sudah sampai di Indonesia pada Jumat (24/4) pagi. 

Ini adalah bantuan tahap kedua, setelah bantuan tahap pertama berupa rechargeable battery power sprayers untuk penyemprotan disinfektan, dikirim ke Indonesia pada tanggal 8 April 2020.

Baca juga : Update Corona 23 April: Alhamdulillah Pasien Sembuh Sudah Capai 960

Sampai saat ini, nilai total bantuan pemerintah Korsel untuk mendukung Indonesia dalam menanggulangi wabah Covid-19 telah mencapai 500 ribu dolar AS.

Di samping bantuan dari pemerintah Korsel, KBRI Seoul dan Garuda Indonesia hari ini juga memfasilitasi pengiriman bantuan dari dua perusahaan Korsel mitra Indonesia,  dalam kerja sama industri pertahanan. Yaitu Korea Aerospace Industries (KAI) dan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) berupa RT-PCR test kit.

Baca juga : Alhamdulillah, 50 Ribu Tes PCR Dari Korsel Tiba Jakarta Hari Ini

Untuk diketahui, pada tanggal 21 April 2020, Presiden Jokowi telah melakukan pembicaraan lewat telepon dengan Presiden Korsel Moon Jae-in. Kedua pemimpin negara sepakat mempererat kerja sama internasional dalam penanganan Covid-19.

Solidaritas dan dukungan dari Korea Selatan yang diberikan kepada Indonesia dalam menghadapi wabah Covid-19, sangat membantu.

Baca juga : Serahkan Bantuan Rp 2,6 M, Mentan: Kita Rawat Solidaritas, Hadirkan Rahmat Tuhan

Korsel adalah mitra strategis khusus Indonesia. Kedua negara ini akan terus berkolaborasi dalam mengatasi pandemi ini. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.