Dark/Light Mode

Ambulans Siaga Bantuan Pertamina Bermanfaat dalam Tanggap Darurat Covid-19

Senin, 6 April 2020 14:48 WIB
Ambulans Siaga bantuan Pertamina (Foro: Dok. Pertamina)
Ambulans Siaga bantuan Pertamina (Foro: Dok. Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama 2019, Pertamina melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR), Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus telah menyalurkan bantuan Mobil Ambulans Siaga sebanyak 18 unit bagi masyarakat. Tujuan awal bantuan ini untuk membantu mengatasi wabah Demah Berdarah ketika itu. CSR bidang kesehatan ini diberikan kepada beberapa pemerintah desa dan yayasan sosial kemasyarakatan yang tersebar di 4 provinsi di wilayah operasi MOR V, yaitu meliputi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. 

Dalam masa tanggap bencana non-alam Covid-19 ini, bantuan Ambulance Siaga tersebut juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat untuk pencegahan dan pengendalian penyebaran wabah Covid-19. Salah satunya seperti yang ada di Desa Tiremenggal, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 

Baca juga : Ini 6 Strategi Kementan Perkuat Ekspor Perkebunan di Tengah Wabah Covid-19

Sampai dengan Kamis (2/4) kemarin, Gresik tercatat memiliki jumlah pasien positif Covid-19 sebanyak 3 orang, dan meninggal 1 orang. Pemerintah Gresik juga telah menerbitkan SK Relawan Gugus Tugas (RGT) Covid-19 sampai ke desa atau kelurahan, sejak 19 Maret 2020.

Salah satu Tim RGT Desa Tiremenggal, Arif, menyampaikan bantuan Ambulans Siaga yang diberikan Pertamina kepada Desa Tiremenggal sangat besar manfaatnya. Untuk mobilisasi pasien yang perlu dirujuk ke Rumah Sakit yang lebih besar, mencari kebutuhan Alat Kesehatan dan Alat Pelindung Diri (APD) dalam rangka wabah Covid-19, serta untuk sosialisasi keliling desa dengan menggunakan pengeras suara, Tim RGT memanfaatkan Mobil Ambulans Siaga dari Pertamina.

Baca juga : MUI Imbau Orang Kaya Tunaikan Zakat dari Sekarang, Bantu Sesama di Tengah Wabah Covid-19

"Semua masyarakat di Desa Tiremenggal yang membutuhkan layanan terkait kesehatan bisa memanfaatkan Mobil Ambulans Siaga bantuan dari Pertamina ini, cukup dengan menginformasikan ke perangkat desa untuk penggunaan nya nanti akan difasilitasi," ujar Arif. 

Kepala Desa Tiremenggal, Toshikin, juga menyampaikan bahwa bantuan Mobil Ambulans Siaga dari Pertamina ini tanpa disangka ternyata saat ini sangat besar peran nya dalam rangka pencegahan penyebaeran wabah Covid-19. "Kami dari Pemerintah Desa dan masyarakat merasa sangat terbantu dengan bantuan Mobil Ambulance Siaga dari Pertamina. Masyarakat tidak perlu repot mencari kendaraan ketika ada warga sakit yang dikhawatirkan terkait dengan gejala Covid-19, jam berapapun siap untuk kami antar ke RS rujukan," ujar Toshikin. 

Baca juga : Membangun Optimisme Masyarakat Di Tengah Wabah Corona

Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji menyampaikan, pemanfaatan Mobil Ambulans selama Tanggap Darurat Pencegahan Penyebaran wabah Covid-19 diharapkan dapat dioptimalkan untuk membantu tugas para tenaga medis dan relawan yang ada di desa-desa dan kelurahan. "Dengan tersedianya moda transportasi untuk mobilisasi pasien dan juga tenaga medis akan meningkatkan akses masyarakat menuju layanan kesehatan yang lebih layak dan secara psikologis akan mengurangi kekhawatiran di masyarakat apabila ada kondisi penanganan terkait gejala Covid-19 yang perlu dengan segera ditindaklanjuti," tutup Rustam. 

Pertamina senantiasa berkomitmen untuk melaksanakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan CSR yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dan manajemen bencana. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.