Dark/Light Mode

Kemenhub Jamin Alur Distribusi Logistik ke Indonesia Timur Aman

Minggu, 17 Mei 2020 10:11 WIB
Kemenhub Jamin Alur Distribusi Logistik ke Indonesia Timur Aman

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjamin alur distribusi logistik ke wilayah timur Indonesia melalui kapal tol laut, tetap berjalan normal. Khususnya untuk distribusi logistik yang singgah di Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku pada masa pandemi Covid-19 dan menjelang Idul Fitri.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Kemenhub Wisnu Handoko mengatakan, operasi tersebut diharapkan dapat membuat harga bahan pokok di wilayah timur tetap stabil. Kemenhub bersama kementerian dan lembaga terkait terus melakukan supervisi yang ketat, terhadap distribusi bahan pokok dan penting, agar kenaikan harga bisa terkontrol dalam batas wajar.

Baca juga : Percepat Distribusi Logistik, Flyover Tangsel Rampung

"Dari hasil pemantauan langsung beberapa KSOP di wilayah timur, harga-harga kebutuhan pokok yang dijual di masyarakat cenderung stabil," kata Wisnu dalam keterangan resminya, Minggu (17/5).

Di daerah Fakfak, misalnya. Harga cabe rawit dilaporkan Rp 40.000/kg (stabil) dan cabe keriting Rp 30.000/kg (stabil). Di Sorong, cabe rawit Rp 25.000/kg hingga Rp 35.000/kg (stabil), dan cabe keriting Rp 25.000/kg (stabil). Sementara di Manokwari, harga cabe rawit dan cabe keriting stabil di harga Rp 30.000/kg.

Baca juga : Pertamina Siap Distribusikan 185 Ribu APD ke 70 RS BUMN Seluruh Indonesia

Begitu juga dengan harga bawang. Di Oransbari dan Jayapura, harga bawang putih masih stabil di harga Rp 55.000/kg dan bawang merah Rp 60.000/kg. Sementara di Merauke, harga bawang putih Rp 45.000/kg (stabil) dan bawang merah Rp 40.000/kg (stabil).

Saat ini, tol laut juga mengoptimalkan muatan balik kapal. Sehingga, produk asli daerah setempat dapat dipasarkan ke luar pulau. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.