Dark/Light Mode

Hari ini , Target 10.000 Tes Covid-19/Hari Tercapai

Kamis, 4 Juni 2020 20:50 WIB
Ilustrasi rapid test yang diadakan BIN di Ciledug, Tangerang, Banten. (Foto: Randi Tri Kurniawan)
Ilustrasi rapid test yang diadakan BIN di Ciledug, Tangerang, Banten. (Foto: Randi Tri Kurniawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo mengemukakan target 10.000 tes Covid-19 per hari pada Kamis (4/6) tercapai.

Sejak target itu terlampaui pada hari ini, Pemerintah akan meningkatkan target pengetesan Covid-19 menjadi 20.000 tes/hari di daerah-daerah se-Indonesia.

Baca juga : Rawat 1.900 Pasien Covid-19, Siloam Bersyukur Mayoritas Dapat Pulih

"Arahan Presiden jelas, 10.000 tes/hari alhamdulillah per hari ini sudah terlampaui, artinya target itu sudah tercapai, bahkan terlampaui. Nah, Presiden minta ditingkatkan lagi menjadi 20.000 tes/hari," kata Donny dalam video telekonferensi, Kamis (4/6).

Donny menambahkan bagi istana persiapan menuju normal baru harus diawali dengan adanya tes Covid-19 secara masif. Hasil tes Covid-19 secara masif, menurut dia, dapat memberikan gambaran yang lebih akurat dan utuh mengenai kesiapan pemberlakuan normal baru.

Baca juga : Saudi Borong 1.000 Rudal Dari Boeing

Karena dengan hasil tes itu, deteksi orang-orang yang berpotensi tertular dari pasien positif Covid-19 (tracing contact) dapat dilakukan pemerintah secara agresif.

"Jadi, itu penting sehingga kita memiliki gambaran-gambaran yang akurat. Jangan gambaran-gambaran yang tidak akurat atau gambaran yang keliru. Karena kalau keliru, kita anggap situasi sudah baik-baik saja, ternyata kita belum sampai kepada puncaknya," pungkas Donny.[SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.