Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mengharukan, KJRI Hong Kong Pertemukan Balita dan Ibunya di Tengah Pandemi

Jumat, 5 Juni 2020 16:53 WIB
Mengharukan, KJRI Hong Kong Pertemukan Balita dan Ibunya di Tengah Pandemi

RM.id  Rakyat Merdeka - Perasaan haru dan bahagia mewarnai pertemuan antara seorang mantan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Hong Kong, saat bertemu kembali dengan putranya yang masih balita di Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, Rabu (3/6).

Sang ibu, sebut saja Aryati, terpisah selama 10 bulan dengan anaknya yang masih bayi saat ia mengalami permasalahan keimigrasian di Hong Kong. Sehingga, harus kembali ke Indonesia pada Agustus 2019.

Terpaksa, Aryati pun menitipkan anaknya di sebuah yayasan sosial non-pemerintah di Hong Kong.

Baca juga : Hari Ini, PBNU Gelar Shalat Jumat Pertama di Tengah Pandemi Covid

KJRI Hong Kong membantu dengan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, agar sang anak dapat kembali ke Indonesia.

KJRI Hong Kong juga harus untuk meyakinkan pihak-pihak terkait bahwa benar anak itu merupakan anak yang sah dari Aryati, sehingga perlu dilakukan upaya penyatuan keluarga (family reunification).

“Seorang anak, apalagi masih di usia balita, tidak seharusnya terpisah lama dari ibunya. Karena itu, penyelesaian masalah ini menjadi upaya prioritas KJRI Hong Kong," ujar Konsul Jenderal RI di Hong Kong, Ricky Suhendar.

Baca juga : Ketua MPR: Pola Hidup Baru Perlu untuk Bertahan di Tengah Pandemi

Meski demikian, KJRI Hong Kong tetap melakukan penghormatan terhadap hukum dan aturan yang berlaku, seperti aturan kependudukan dan keimigrasian di Hong Kong. Mengantisipasi ketatnya prosedur dan protokol kesehatan dalam situasi pandemi Covid-19 di Hongkong dan Indonesia, KJRI Hong Kong juga menyiapkan tes PCR COVID-19 (swab test) terhadap si anak.

Akhirnya, usaha keras berbagai pihak berbuah manis. Sang anak akhirnya dapat kembali ke pangkuan ibunya "Saya tidak bisa membalas kebaikan semua pihak yang telah membantu. Hanya doa yang bisa saya sampaikan. Semoga, Tuhan membalas segala kebaikan itu," kata Aryati.

Konjen Ricky menegaskan, ini adalah hasil dari kerja sama dan sinergi KJRI dengan berbagai pihak di Hong Kong. Serta tentunya instansi di Indonesia seperti Kemlu, BP2MI, otoritas bandara dan Garuda Indonesia. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.