Dark/Light Mode

Demi Stabilkan Harga Pangan

Mendag Agus: Kalau Perlu Tiap Hari Kita Operasi Pasar

Selasa, 16 Juni 2020 21:48 WIB
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat berdialog dengan redaksi Rakyat Merdeka via Zoom, Selasa (16/6) malam.
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat berdialog dengan redaksi Rakyat Merdeka via Zoom, Selasa (16/6) malam.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto rajin melakukan operasi pasar. Baik itu ke pasar tradisional maupun modern. Tujuannya untuk menstabilkan harga di tengah pandemi virus Covid-19

Agus menjelaskan, di dalam operasi pasar ada empat hal yang dilakukan. Inspeksi, operasi, penertiban, dan penindakan. Selain itu pihaknya juga mengevaluasi Harga Eceran Tertinggi (HET) bahan pokok seperti beras dan gula.

Baca juga : Bekerja Sama dengan Bulog, Papua Muda Inspiratif Gelar Operasi Pasar Murah

Agus mengaku tak punya jadwal khusus untuk melakukan operasi pasar. "Kadang sehari bisa 3 kali operasi pasar. Tergantung situasi, kalau perlu tiap hari kita pantau terus. Operasi pasar ini kan tujuannya untuk menengahi jika terjadi gap harga," ujarnya dalam acara Zoom Live Facebook yang digelar Rakyat Merdeka, Selasa (16/6).

Agus mencontohkan operasi pasar yang dilakukan untuk menstabilkan harga gula. Sempat ditemukan harga gula yang dijual jauh di atas level eceran tertinggi (HET) sebesar Rp 12.500 per kilogram yang ditetapkan pemerintah. 

Baca juga : Jaga Pangan, Bupati Taput Borong Hasil Petani Di Pasar

Agus menilai, masalahnya ada rantai distribusi yang panjang sehingga di konsumen menjadi Rp 17.000 sampai Rp 18.000 per kilogram.

"Di sini ada beberapa rantai distributor panjang, kita pangkas dengan operasi pasar. Memang memerlukan waktu melakukan penindakan. Investigasi bekerjasama dengan Satgas Pangan," ucapnya. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.