Dark/Light Mode

Jinakkan Harga Gula, Kebon Agung Gelar Operasi Pasar

Selasa, 19 Mei 2020 20:47 WIB
Pabrik gula Kebon Agung. (Foto: net)
Pabrik gula Kebon Agung. (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kebon Agung menggelar operasi pasar untuk menstabilkan harga gula kristal putih jelang Lebaran. Kegiatan ini juga bentuk dukungan perusahaan terhadap program Kementerian Perdagangan (Kemendag) jinakkan harga gula.

Melalui penugasan dari Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Nomor 358IDAGLU/SD/05/2020 tanggal 15 Mei 2020, Kebon Agung melakukan operasi pasar gula kristal putih mulai tanggaI 15 Mei 2020 sampai dengan menjelang Lebaran di pasar pasar yang telah ditenlukan. 

Baca juga : Sebel, WHO Bikin Parno

Dirut Kebon Agung, Sudibyo mengatakan, pelaksanaan operasi pasar tersebut dilakukan secara Iangsung kepada konsumen oleh perseroan maupun melalui distributor yang ditunjuk. “Jumlah gula yang digelontorkan untuk operasi pasar mencapai 1.167 ton dengan harga jual di tingkat konsumen sebesar Rp 12.500 per kg,” ujarnya, Selasa (19/5).

Penugasan ini berkesinambungan dengan operasi pasar yang telah dilakukan sebelumnya oleh PT Kebon Agung sejak 27 Maret 2020 di Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan jumlah sebanyak 593 ton dan acuan HET Rp 12.500 per kg. Selama operasi pasar berlangsung, harga gula berhasil dilekan menjadi Rp 15.000 per kg dari harga sebelumnya sebesar Rp 17.000-20.000 per kg. 

Baca juga : Ingatkan Bahaya Corona, Pria Berdandan Ala Malaikat Maut

“Diharapkan operasi pasar yang berkelanjutan ini dapat menekan harga gula menjadi Rp 12.500 per kg,” ujarnya.

Menurut Sudibyo, pelaksanaan operasi pasar selama pandemi covid-19 selalu memperhatikan protokol kesehatan. Pembeli diwajibkan mengenakan masker dan cuci langan dengan sabun di Iokasi. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.