Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri LHK Apresiasi Kerja Nyata Anak Pejuang Lingkungan

Minggu, 21 Juni 2020 21:06 WIB
Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar menggelar diskusi bersama anak dan aktivisi pejuang lingkungan dan kehutanan secara virtual di Rumah Dinas di Jakarta, Minggu (21/06).
Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar menggelar diskusi bersama anak dan aktivisi pejuang lingkungan dan kehutanan secara virtual di Rumah Dinas di Jakarta, Minggu (21/06).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mengapresiasi kerja nyata  anak Indonesia dan aktivis pejuang lingkungan dan kehutanan dalam menjaga kelestarian alam.

Hal  itu disampaikan oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar saat menggelar diskusi bersama anak-anak Indonesia yang telah melakukan aksi nyata melindungi lingkungan dan kehutanan secara virtual di Rumah Dinas Menteri LHK di Jakarta, Minggu (21/06).

Diskusi ini diikuti tak kurang tiga puluhan anak dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi, serta beberapa aktivis lingkungan.

"Ibu mengingatkan kita semua bahwa kerja anak-anak bersama KLHK sangat penting dan dibutuhkan oleh negara. Jadi anak-anak adalah pahlawan cilik untuk menjaga Indonesia ke depan. Itu sudah dibuktikan, dalam kerja bersama yang kita lalui," ujar Siti.

Siti menjelaskan, kegiatan bersama anak-anak ini juga dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia yang jatuh setiap 5 Juni. 

Baca juga : FIFA Apresiasi Kerja PSSI Soal Persiapan Piala Dunia U-20 2021

Dalam diskusi virtual, Siti mengapresiasi anak-anak yang memanfaatkan waktu di rumah saja selama Pandemi dengan kegiatan-kegiatan positif, terutama menjaga dan melindungi lingkungan hidup dengan sederhana.

"Ibu bangga karena kita sama-sama terus pikirkan bagaimana berbuat untuk alam Indonesia," ucap Siti.

Adapu  anak-anak yang ikut ngobrol adalah, Keandra Fausta Abisha, siswa SD  Global Mandiri Cibubur, yang pernah ikut program sehari menjadi Menteri LHK. 

Pada diskusi ini, Fausta begitu semangat menyampaikan pemikirannya terkait pengelolaan sampah medis di masa Pandemi. 

Dirinya, mencontohkan bagaimana masker medis bekas pakai harus dikelola secara baik agar virus Corona tidak semakin menyebar akibat sampah masker yang tidak terkelola dengan baik.

Baca juga : BKS Apresiasi Peresmian Stasiun Terpadu

Kemudian ada,  Faiz Ramadhan Putra Suhaerim, siswa SD Global Mandiri Cibubur. 

Ia bercerita tentang pengalamannya ikut ke Pulau Komodo pada program peringatan Hari Peduli Sampah tahun 2020. 

"Saya senang sekali melihat langsung hewan komodo di habitatnya yang hanya ada di Indonesia. Semoga pariwisata di Pulau Komodo semakin maju dan pengelolaan sampahnya juga semakin baik," ujarnya.

Selain SD Global Mandiri Cibubur, ada juga siswa siswi SD, SMP, dan SMA Lembaga Pendidikan Nasional Satu Pondok Gede yang bercerita tentang sekolahnya yang mengajarkan peduli lingkungan, seperti mengajarkan siswanya memilah sampah, mengadakan hari khusus untuk merawat lingkungan sekolah dan lain sebagainya. 

Diskusi ini juga dihadiri oleh para aktivis muda peduli lingkungan, seperti Swietenia Puspa Lestari dari Divers Clean Action (DCA) Panelis di Paviliun Indonesia, COP 23 UNFCCC, Bonn, November 2017. 

Baca juga : Gubernur Jabar Ridwan Kamil Apresiasi Sektor Pertanian Tangguh

Menutup diskusi tersebut, Siti menyampaikan rasa bangganya dan terima kasih pada anak-anak hebat pada diskusi itu. 

"Saya menangkap kekayaan Indonesia yang luar biasa pagi ini. Kekayaan yang datang dari keberagaman alam, keberagaman adat, budaya, tata cara dan pengetahuan pribadi. KLHK terus berusaha mengumpulkan semua pengetahuan dan anak anak hebat yang berpengetahuan dan bagaimana mendorong dan memfaslitiasinya, dan ini sangat penting bagi kampanye yang sangat luas bagi kecintaan kepada Indonesia," pungkasnya.

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK, Rhuanda Agung Suhardiman berpesan semakin banyak anak-anak muda yang peduli terhadap lingkungan, maka kualitas lingkungan hidup semakin baik. "Raise voice not your noise untuk aksi penanggulangan perubahan iklim," ajaknya.

Hadir dalam diskusi virtual, Sekretaris Jenderal, Bambang Hendroyono, Kepala Badan Litbang dan Inovasi, Eka Widodo Soegiri TAM LHK, Sri Murniningtyas TAM LHK, Dirjen KSDAE, Dirjen PPI, Dirjen PDASHL, Dirjen Gakkum LHK, Dirjen PSLB3, Kepala Badan P2SDM, Direktur KKH, Kepala Biro KLN, dan Kepala Biro Humas.) [FIK] 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.