Dark/Light Mode

Menteri ESDM Alokasikan Dana Rp 6,84 Triliun Untuk Rakyat Di 2021

Senin, 29 Juni 2020 12:31 WIB
Menteri ESDM, Arifin Tasrif
Menteri ESDM, Arifin Tasrif

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian ESDM akan menggunakan anggaran yang disetujui Komisi VII DPR sebesar Rp 6,84 triliun di 2012, untuk kepentingan masyarakat.

"Kementerian ESDM berharap jumlah anggaran yang telah disetujui DPR ini dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat banyak," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif di Jakarta, Senin (29/06).

Baca juga : PLN Sesuaikan Harga Gas Bumi Untuk Pembangkit Listrik

Besaran pagu indikatif depan depan  naik 10 persen dibandingkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun 2020 yang mencapai Rp 6,2 triliun. 
Sebelumnya, belanja publik fisik mendapatkan porsi yang lebih besar dibandingkan belanja publik non-fisik dan belanja aparatur.

Sebesar 47,1 persen atau Rp 3,22 triliun dari pagu indikatif Rp  6,84 triliun tersebut,  akan digunakan untuk belanja fisik, seperti pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga, konkit nelayan, petani, konversi mitan ke LPG, PLTS Atap, pos pengamatan gunung api, geopark hingga peralatan mitigasi bencana geologi.

Baca juga : AIIB Beri Utang Ke RI Rp 15 Triliun Untuk Mitigasi Wabah Covid

Untuk belanja publik non-fisik, seperti pembinaan, pengawasan, pelayanan publik/perizinan, penyusunan kebijakan/peraturan, survei, penelitian dan pengembangan serta pendidikan dan pelatihan telah dianggarkan sebesar Rp 1,59 triliun atau 23,2 persen. 

Sementara 29,7 persen atau Rp2,03 triliun dibelanjakan untuk keperluan aparatur seperti pembayaran gaji dan tunjangan, operasional dan pemeliharaan kantor, pengadaan peralatan kerja.

Baca juga : Kemenperin Minta Tambahan Anggaran Rp 3,4 T Untuk Pemulihan Industri

"Prinsipnya, Kementerian mendukung program untuk rakyat. Untuk itu, program utama terkait ESDM baiknya bisa dijaga bersama," kata Arifin. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.