Dark/Light Mode

Dana Riset Dijamin Pemerintah, Peneliti Nggak Usah Pusing

Senin, 20 Juli 2020 21:42 WIB
Menristek/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro dalam diskusi virtual RMInsight bertema `Produk Lawan Covid Buatan Kemenristek`, Senin (20/7). (Foto: Facebook)
Menristek/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro dalam diskusi virtual RMInsight bertema `Produk Lawan Covid Buatan Kemenristek`, Senin (20/7). (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menegaskan, pihaknya menjamin pendanaan penelitian Covid-19. Sehingga, para peneliti tak perlu pusing memikirkan hal tersebut.

“Sebagian besar diberikan pendanaan langsung dari Kemenristek. Jadi, peneliti tak usah khawatir," ujar Bambang di acara RMInsight, bertajuk "Produk Anti Covid Buatan Kemenristek"  yang ditayangkan secara langsung di semua kanal media sosial Rakyat Merdeka, Senin (20/6). S

Baca juga : Pemerintah Kudu Pelototi Laporan Kinerja BUMN

Bambang juga menyebut akan memberikan insentif bagi peneliti yang dapat menemukan terobosan baru di dalam proses penelitian. Antara lain, dengan memberikan kemudahan untuk mendaftarkan hak paten.

Saat ini, menurutnya, mayoritas peneliti melakukan kerja sama penelitian. Sangat jarang yang bekerja sendiri. Kerja sama ini, kata Bambang, berdampak baik terhadap dunia penelitian di Tanah Air.

Baca juga : Pemerintah Beri Angin Segar Ke Dunia Usaha

“Ke depan, bukan kegiatan seorang diri. Tetapi sinergi. Bukan hanya antar peneliti, , tetapi juga lintas bidang, lintas universitas. Kita sudah melihat kekompakan terjadi di tengah kondisi pandemi ini,” papar Bambang. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.