Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menpora Ingin Kampus Jadi Tempat Tumbuhnya Semangat Kewirausahaan

Jumat, 24 Juli 2020 06:29 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Demi meningkatkan jiwa kewirausahaan pemuda Indonesia, Kemenpora bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan Kuliah Kewirausahaan Pemuda Tahap I Tahun 2020 dengan tema "Menumbuhkan Minat Kewirausahaan dan Menguatkan Mindset Wirausaha".

Acara dibuka oleh Menpora Zainudin Amali secara virtual, Kamis (23/7) pagi dari kediamannya, Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Menurut Zainudin Amali, Kemenpora RI mempunyai lima program prioritas untuk tahun 2020 - 2024 yang salah satu adalah tentang kewirausahaan yang tujuanya pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Baca juga : Pantau Pelatnas Secara Virtual, Menpora Minta Eko Cs Tetap Semangat Latihan

"Jadi memang 5 program prioritas ini terdesain sejak awal saya memimpin Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dan ini menjadi panduan Kemenpora dalam melaksanakan kegiatan. Alhamdulilah, satu demi satu program prioritas ini bisa kami lakukan secara perlahan tapi pasti," kata Zainudin Amali dalam pernyataan tertulisnya.

Ia melanjutkan, kaitanya dengan hal ini, tentu kami sebagai kementerian yang punya tugas untuk membidangi urusan pembangunan sumberdaya manusia, maka harus melakukan langkah-langkah strategis. Salah satunya adalah semangat kewirausahaan dan ini harus kita tumbuhan dikalangan anak muda Indonesia. Agar mereka punya minat menjadi wirausaha.

"Minat kewirausahaan ini harus sudah ditumbuhkan sejak dibangku sekolah. Kenapa, karena kita melihat para pemuda kita semangat untuk berwirausaha masih sangat rendah. Padahal di saat-saat seperti sekarang ini (pandemi Covid-19) justru usaha mandiri itulah yang bisa mempertahankan hidup kita. Oleh kerana itu, untuk menumbuhkan semangat berwirausaha maka salah satu sasaran adalah perguruan tinggi," jelasnya.

Baca juga : Menpora Ingin Indonesia Jadi Tujuan Pariwisata Olahraga

"Sebaiknya mata kuliah kewirausahaan ini sudah diberikan untuk semua jurusan sehingga begitu mereka selesai kuliah, maka semangat mereka untuk wirausaha sudah ada. Berwirausaha adalah pilihan utama dengan bekal ilmu yang didapatkan dari perguruan tinggi. Saya kira semangat ini harus kita jadikan semangat bersama. Dan itulah alasannya kami memilih perguruan tinggi menjadi tempat untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan," tuturnya.

"Saya kira harapan-harapan itulah, kita ingin menumbuhkan minat kewirausahaan dan menguatkan mindset wirausaha di kalangan anak muda khususnya para mahasiswa agar setelah mereka lulus, bisa menyediakan lapangan pekerjaan buat orang lain," tambahnya.

Hadir dalam acara tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh, Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Imam Gunawan, Rektor UGM Panut Mulyono, Pembina Kopma UGM Didi Achjari dan CEO Sweet Sundoe lce Cream Andromeda Sindoro. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.