Dark/Light Mode

Mantap, BNPB Raih WTP Untuk Kesembilan Kali

Jumat, 24 Juli 2020 09:13 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo (kanan) bersama Anggota III BPK Achsanul Qosasi dalam acara Penyerahan Hasil Pemeriksaan Tahun Anggaran 2019, Kamis (23/7). (Foto: BNPB)
Kepala BNPB Doni Monardo (kanan) bersama Anggota III BPK Achsanul Qosasi dalam acara Penyerahan Hasil Pemeriksaan Tahun Anggaran 2019, Kamis (23/7). (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali meraih opini tertinggi, Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan kementerian/Lembaga tahun 2019.

Ini berarti laporan keuangan yang disusun oleh tiap kementerian/lembaga, sudah sesuai dengan standar akuntasi pemerintahan yang ditetapkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Baca juga : Menteri Ida Happy Raih WTP 4 Kali Berturut-turut

Anggota III BPK Achsanul Qosasi mengapresiasi kinerja BNPB dalam laporan keuangan, sehingga bisa mendapatkan opini WTP sembilan tahun terakhir.

Di tengah kesibukan tinggi penanganan pandemi Covid-19 dan bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor, BNPB berkomitmen untuk melakukan tertib administrasi yang akuntabel. Seperti penentuan opini WTP berdasarkan kesesuaian terhadap indikator yang telah ditentukan, pengungkapan informasi laporan keuangan yang jelas dan detail, serta sistem pengendalian internal lembaga terkait dan pelaksanaan anggaran yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Baca juga : Baleg: RUU Cipta Kerja Untuk Kesejahteraan Rakyat

“BPK mengapresiasi BNPB karena transparansi dan akuntabilitas keuanganya luar biasa. Dari 2011 hingga sekarang, selalu meraih wajar tanpa pengecualian selama sembilan kali berturut-turut,” ujarnya saat penandatanganan laporan hasil pemeriksaan kementerian/Lembaga di Jakarta, Kamis (23/7).

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, keberhasilan mendapatkan opini WTP ini tak lepas dari dukungan seluruh unsur di BNPB, dan berkat pendampingan BPK.

Baca juga : Kementan Bidik Kerbau Untuk Peningkatan Mutu Genetik

“Sembilan tahun berturut-turut, BNPB mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian dari BPK berkat kontribusi Sestama, Irtama dan seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama serta pegawai BNPB. Opini tertinggi dalam pengelolaan keuangan negara dan hal ini, juga tak lepas dari BPK yang senantiasa memberikan pendampingan dalam kegiatan di BNPB,” ujarnya.

"Saya berharap, di tahun-tahun mendatang, BNPB tetap dapat mempertahankan, bahkan dapat meningkatkan prestasi yang diperolehnya selama ini. Termasuk, dalam melakukan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. Sehingga dapat terus memperoleh kepercayaan masyarakat,” tutupnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.