Dark/Light Mode

Pengembangan Ekonomi Lokal Di Kabupaten Serang

3 Desa Dibantu Kemendes

Rabu, 6 Maret 2019 22:25 WIB
Satuan Tugas Dana Desa (Satgas DD) Kabupaten Serang dan Kemendes PDTT saat melakukan kerjasama. (Foto: Istimewa)
Satuan Tugas Dana Desa (Satgas DD) Kabupaten Serang dan Kemendes PDTT saat melakukan kerjasama. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini, sedikitnya 3 desa di 3 kecamatan di Kabupaten Serang, yakni Kecamatan Gunung Sari, Kecamatan Tunjung Teja dan Kecamatan Tanara, akan mendapat bantuan senilai Rp 4,5 miliar dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Bantuan tersebut diberikan untuk pengembangan ekonomi lokal. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang.

Abdullah mengatakan, bantuan yang diberikan itu tidak akan turun dalam bentuk uang. Melainkan, dalam bentuk barang, semisal petani di Gunung Sari membutuhkan mesin hand dryer.

Baca juga : Beringin Bakal Mainkan Serangan Darat & Udara

Maka, akan diajukan dan kemudian akan dibelikan, serta disalurkan ke desa tersebut. “Jadi bantuannya bukan berbentuk uang. Misalnya, ada desa yang butuh gudang, atau butuh kandang.

Berapa nilai kandang itu, nah diusulkan,” kata Abdullah, Selasa (5/3). menurutnya , ada 3 daerah yang akan mendapatkan bantuan yakni, Gunung Sari dengan pengembangan perkebunan jagung, Tunjung Teja dengan pengelolaan telur bebek dan Tanara pengelolaan udang Vaname.

“Totalnya mencapai Rp 4,5 miliar untuk tiga desa di tiga kecamatan,” tandasnya. Ketiga desa tersebut tambahnya, saat ini sudah diusulkan ke Kemendes untuk mendapat bantuan.

Baca juga : Industri Perhotelan Yang Dikelola PT Angkasa Pura II Diakui Dunia Internasional

Kemungkinan, tahun ini akan bisa diturunkan bantuannya. “Usulannya sudah. Kan ada kelompok desa,” ujarnya. Bantuan tersebut ujarnya lagi, akan diberikan langsung ke desa melalui kelompok.

“Masyarakat langsung dapat terlibat,” terangnya. Selain itu, bantuan tersebut juga sifatnya akan memelihara secara keseluruhan.

Seperti untuk pertanian jagung, maka akan diberikan bantuan mulai dari penanaman, pengelolaan hingga pasca tanam. “Jadi pengembangan ekonomi lokal, dari tanam sampai kelola dan pasca tanam,” imbuhnya. [SID/MAR/BNN].

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.