Dark/Light Mode

Cegah Covid-19, BPTJ Luncurkan Layanan E-ticketing dan Lacak Trans

Senin, 28 September 2020 19:32 WIB
Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) layanan sistem e-ticketing dan aplikasi Lacak Trans di Terminal Jatijajar, Depok, Senin (28/9). (Foto: Kemenhub)
Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) layanan sistem e-ticketing dan aplikasi Lacak Trans di Terminal Jatijajar, Depok, Senin (28/9). (Foto: Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meluncurkan dua layanan sekaligus yaitu sistem e-ticketing dan aplikasi Lacak Trans di Terminal Jatijajar, Depok, Senin (28/9.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sistem tersebut dapat mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di sarana dan prasarana transportasi Jabodetabek. "Aplikasi ini dikembangkan untuk masyarakat pengguna transportasi khususnya masyarakat Jabodetabek agar mereka punya sarana untuk memantau penyebaran Covid-19, baik di daerah tempat tinggal maupun sepanjang rute yang ditempuh hingga tujuannya," ujarnya.

Baca juga : Cegah Covid-19, Pimpinan Dan Staf DKPP Di Swab Test

BKS-sapaan akrab Budi Karya menjelaskan, dua layanan ini akan menekan potensi penyebaran virus corona melalui tiket yang selama ini dilakukam secara manual.

Menhub berharap, kedua fasilitas tersebut bisa meningkatkan perekonomian di tengah masa sulit. "Jika tidak mematuhi protokol kesehatan dengan benar di sarana dan prasarana transportasi umum, tidak menutup kemungkinan adanya penularan akibat perpindahan virus melalui perantara sentuhan benda mati seperti tiket, uang tunai dan bentuk transaksi langsung," katanya.

Baca juga : Catat, Ini 4 Lokasi Pelayanan SIM Keliling di Jakarta

Sekedar informasi, layanan e-ticketing berlaku bagi penumpang yang akan menggunakan layanan bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) dari terminal. Melalui e-ticketing, penumpang tidak lagi membeli tiket bus secara fisik.

Layanan e-ticketing bisa dibeli melalui agen penjualan tiket online atau go show. Sebelum menaiki bus, penumpang harus melakukan check in pada vending machine yang telah disediakan. Penumpang juga bisa membeli tiket melalui mesin tersebut.

Baca juga : Cegah Klaster Baru Covid-19, Begini Saran Korni ke Pemerintah

Sementara itu, aplikasi Lacak Trans adalah fitur untuk mendeteksi persebaran virus corona di Jabodetabek. Aplikasi ini juga menampilkan informasi berisi rekapitulasi jumlah pasien terpapar virus corona dengan gejala, pasien positif corona, maupun pasien tanpa gejala. Lacak Trans bisa diunduh melalui Google Playstore.

Kepala BPTJ Polana B Pramesti menjelaskan, layanan sistem e-ticketing dan Lacak Trans akan memudahkan masyarakat saat bepergian menggunakan transportasi umum. "Aplikasi ini juga memberikan keyakinan masyarakat tentang jalur kendaraan dan rute-rute mana saja yang terdeteksi berpotensi tinggi terhadap penyebaran Covid-19," ujarnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.